MENGANALISA VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PRODUK PELUMAS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT. NANO TEKNOLOGI ALAM BIRU

SUWANDY, SUMANTRI (2010) MENGANALISA VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN PRODUK PELUMAS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DI PT. NANO TEKNOLOGI ALAM BIRU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB VI)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Pelumas adalah produk yang sangat dibutuhkan oleh mesin untuk melindungi metal-metal akibat dari gesekan antara keduanya, dan banyak lagi fungsinya. PT. NANO TEKNOLOGI ALAM BIRU sebagai distribution pelumas yang ada di Indonesia dan akan mengembangkan perusahaan menjadi Pabrikasi Pelumas (Blending) dari 422 perusahaan produsen dalam negeri, distributor, importir, perusahaan blending pelumas di Indonesia dalam kurun 1988 - 2008. Dari sekian banyaknya produsen, distributor, importir perusahaan blending pelumas menimbulkan suatu persoalan dalam pemilihan produk pelumas. Untuk itu dibutuhkan suatu pengukuran untuk mengetahui variabel-variabel mana yang mempengaruhi pemilihan produk pelumas di PT. NANO TEKNOLOGI ALAM BIRU. Setelah dilakukan suatu penelitian pendahuluan, didapat variabel kriteria sebagai parameter dalam pemilihan produk dan variabel alternatif sebagai pemilih atas kriteria yang sesuai. Metode yang akan dipilih dan dipakai dalam pemilihan produk pelumas berdasarkan suatu kriteria yaitu Analytical Hierarchy Process Method (Metode AHP). Data yang diperoleh melalui kuesioner dan diberikan kepada experts yang memahami persoalan tersebut, setelah data diperoleh dimasukan ke dalam matrik perbandingan berpasangan dan dinormalisasikan untuk mendapatkan nilai prioritas lokal. Selanjutnya akan diuji konsistensi subjektif para experts apakah dapat diterima hasil subjektifnya atau tidak dengan ketentuan batas toleransi konsisten ≤ 10% dapat diterima hasil nilai perhitungannya. Jika pembagian kuesioner kepada experts berjumlah cukup banyak dan telah ditentukan konsistennya maka, Geometric Mean (Rata-rata Geometrik) akan merata-ratakan nilai perbandingan perpasangan para experts menjadi satu nilai perbandingan berpasangan dan nilai tersebut kembali diolah dengan AHP. Dari hasil pengolahan data, diperoleh KONSUMEN A bermukim di perkotaan yang mempunyai bobot terbesar yaitu 0.43 menjadi pilihan pertama berdasarkan seluruh kriteria yang dipertimbangkan. Maka produk pelumas yang berkualitas dilihat berdasarkan kriteria-kriteria tersebut yang menjadikan konsumen perkotaan mempunyai faktor personal, seperti kecerdasan; dan faktor situasional seperti latar belakang budaya dan struktur kelompok, berpengaruh terhadap pembentukan persepsi berita (Tubbs & Moss 2001), dan selanjutnya diikuti dengan perubahan sikap kosumen terhadap produk (Sanzo et al.2003). Kata Kunci: Pelumas, Analytical Hierarchy Process Method, Konsisten, Geometric Mean

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 10 055
Call Number: STI/16/10/001
NIM/NIDN Creators: 41605010009
Uncontrolled Keywords: PRODUK PELUMAS
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Mar 2010 11:22
Last Modified: 17 May 2025 03:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24602

Actions (login required)

View Item View Item