MOTIF KHALAYAK MENONTON EXTRAVAGANZA DI TRANS TV ( Survei Terhadap Remaja Anggota Muda Katolik/Mudika Gereja St. Agustinus Tanggerang )

PRAGIASTO, ROBERTUS SINGGIH AGUNG (2010) MOTIF KHALAYAK MENONTON EXTRAVAGANZA DI TRANS TV ( Survei Terhadap Remaja Anggota Muda Katolik/Mudika Gereja St. Agustinus Tanggerang ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Media masa adalah sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator terhadap komunikan. Salah satu contohnya adalah Televisi. Kelebihan televisi dari media massa lainnya, adalah bersifat audio visual, dapat dilihat dan didengar mengambarkan kenyataan. Salah satu program hiburan yang cukup ternama adalah Extravaganza di Trans Tv. Program Extravaganza berupa drama komedi yang dilakukan di dalam studio (indoor). Tayangan Extravaganza di Trans Tv memberikan inspirasi dalam bergaul dan memberikan hiburan kepada remaja, khususnya Remaja Anggota Muda Mudi Katolik / Mudika Gereja St. Agustinus Tangerang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan formulasi Laswell, yang mengungkapkan cara sederhana untuk memahami bagaimana sebuah pesan dikelola. Ungkapan terkenal laswell ”who says what to whom in what channel with what effect” telah memberikan sebuah pemahaman terhadap bagaimana pengemasan sebuah pesan yang disiarkan melalui media dapat mempunyai dampak bagi orang yang menontonnya Peneliti menggunakan sifat penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei, teknik pengambilan sampel yaitu berupa Total Sampel. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Motif Khalayak Menonton Extravaganza di Trans Tv dapat menambah pengetahuan dan menambah referensi dalam bersifat berprilaku dan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian survei dilapangan, diketahui bahwa Berdasarkan dari tabel hasil kuesioner dapat diketahui bahwa motif khalayak menonton Extravaganza dengan dimensi Identitas Pribadi bahwa sebagian besar responden kurang setuju jika dengan menonton Extravaganza dapat mengidentifikasikan diri dengan nilainilai lain ( nilai sosial, politik, ekonomi, budaya)., motif khalayak menonton Extravaganza dengan dimensi Sosial bahwa sebagian besar responden tidak setuju jika dengan menonton Extravaganza dapat mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki, motif khalayak menonton Extravaganza dengan dimensi Informasi bahwa sebagian besar responden kurang setuju jika dengan menonton acara Extravaganza audien mendapatkan berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, maysrakat dan dunia., dan motif khalayak menonton Extravaganza dengan dimensi Hiburan bahwa sebagian besar responden sangat setuju jika dengan menonton acara Extravaganza agar dapat menghilangkan kebosanan,. Harapan peneliti kualitas tayangan Extravaganza di Trans Tv, baik darisegi materi dan kemasannya, agar dapat lebih ditingkatkan, hal ini dimaksudkan supaya program hiburan Exttravaganza tetap mendapat tempat dihati para penontonnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 087
Call Number: SK/41/10/051
NIM/NIDN Creators: 44106120026
Uncontrolled Keywords: MOTIF PENONTON
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2010 15:51
Last Modified: 21 May 2025 07:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24510

Actions (login required)

View Item View Item