POLA PENGGUNAAN STRATEGI KREATIF IKLAN MOBIL SURAT KABAR HARIAN KOMPAS

WIDODO, SUGENG (2010) POLA PENGGUNAAN STRATEGI KREATIF IKLAN MOBIL SURAT KABAR HARIAN KOMPAS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Persaingan yang terjadi pada industri otomotif telah mendorong terjadinya kompetisi antar produsen mobil guna merebut pasar, dalam kondisi seperti ini produsen harus mampu melihat kebutuhan yang diingini konsumen, salah satu contohnya adalah dengan membuat produk baru dengan serangkaian keunggulan dan keuntungan yang akan didapatkan konsumen. Untuk menginformasikan hal tersebut, produsen melakukan berbagai kegiatan promosi terutama dalam bentuk iklan dengan menonjolkan kelebihan-kelebihan dalam pesan iklan tersebut yang dikemas secara unik guna membedakan dari para pesaingnya. Untuk itu diperlukan periklanan guna memberikan informasi mengenai produk kepada khalayak sasarannya. Maka, tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui pola penggunaan strategi kreatif iklan yang digunakan dalam berbagai jenis kategori mobil yang dimuat di surat kabar Kompas periode Juli-Desember 2006, baik dilihat dari segi naskah, visual, maupun daya tarik iklannya. Pangsa pasar surat kabar Kompas sendiri adalah kelas menegah, menengah atas dan atas. Penelitian ini mengacu pada penggunaan strategi kreatif yang digunakan dalam iklan serta menjelaskan kategorisasi iklan cetak baik dilihat dari segi naskah maupun visualnya berdasarkan klasifikasi Headline, Subheadline, Bodycopy, Illustrasi, Tehnik Illustrasi, Warna dan Daya Tarik Pesan dari sebuah iklan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian analisis isi yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola penggunaan strategi kreatif yang ada pada iklaniklan mobil berdasarkan pada elemen copywriting dan visual serta daya tarik pesan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh iklan mobil pada harian Kompas periode Juli-Desember 2006. Sedangkan tehnik pengambilan sample menggunakan purposive sampling yakni hanya mengambil satu iklan saja pada iklan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa iklan-iklan mobil pada surat kabar harian Kompas periode Juli-Desember 2006 cenderung menggunakan strategi emosional, hal ini dapat dilihat dari kecenderungan penggunaan emotional headline dan straightline copy yang langsung menjelaskan apa-apa yang ditawarkan dalam headline iklan mobil tersebut kepada pembacanya, sehingga pembaca tidak jenuh untuk membaca iklannya, dan cenderung tidak menggunakan subheadline. Sedangkan daya tarik yang digunakan cenderung menggunakan daya tarik emotional. Untuk Ilustrasi mayoritas menggunakan show the product dengan tehnik ilustrasi menggunakan foto. Sedangkan warna pada iklan mobil cenderung menggunakan warna hitam.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 059
Call Number: SK/43/10/017
NIM/NIDN Creators: 0430212-032
Uncontrolled Keywords: STATEGI IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Apr 2010 15:38
Last Modified: 23 May 2025 02:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item