INDARNINGTYAS, FEBIANI (2010) PEMAKNAAN EFEK EDITING PADA TAYANGAN INFOTAINMENT OBSESI DI GLOBAL TV (ANALISIS SEMIOTIK TAYANGAN OBSESI EDISI SPESIAL ULANG TAHUN GLOBAL TV KE 7). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari adanya ketertarikan peneliti terhadap dunia penyuntingan video (video editing), khususnya dalam hal penerapan efek-efek visual. Menurut peneliti, setiap efek visual yang diterapkan memiliki makna tersendiri. Bagaimana cara editor berpikir supaya gambar yang dihasilkan menjadi menarik dan memukau para penonton. Editing tanpa efek visual bagaikan sayur tanpa garam, seperti pelaminan tanpa pengantin. Dipilihnya OBSESI Sore sebagai objek penelitian adalah karena keunikan tema yang diusung, yaitu serba tujuh. Karena bertepatan dengan hari ulang tahun Global TV yang ketujuh tahun. Setiap tahunnya Global TV selalu menghadirkan perayaan yang unik. Pada perayaannya yang ketujuh ini, Global TV mengusung tema Langit Ke Tujuh. Program OBSESI Sore edisi ini juga merupakan edisi perdana yang turut menyemarakan tema Langit Ke Tujuh. Metode penelitian yang dipakai adalah dengan metode kulitatif dengan pendekatan analisis semiotik. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis semiotik yang memberikan peluang yang besar bagi dibuatnya interpretasi-interpretasi alternatif. Data primer yang digunakan adalah dengan menggunakan rekaman tayangan infotainment OBSESI edisi khusus spesial ulang tahunn Global TV yang ke 7. Rekaman tersebut didapat dari merekam sendiri tayangan OBSESI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tingkatan-tingkatan menurut John Fiske, yaitu realitas dan representasi, memunculkan ideologi. Ideologi yang muncul adalah bahwa editor tidak bisa melepaskan keegoisannya dalam profesionalitas pekerjaan. Dalam analisis terlihat bagaimana editor menempatkan efek-efek dengan perlakuan berbeda terhadap artis-artis tertentu. Ideologi lain adalah editor berusaha menunjukkan kemampuannya dalam berkreasi dan penguasaan teknologi. Sehingga karyanya merupakan sebuah kreatifitas dan orisinalitas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 077 |
Call Number: | SK/41/10/061 |
NIM/NIDN Creators: | 44105010058 |
Uncontrolled Keywords: | EFEK EDITING |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 16 May 2010 15:09 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |