IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE GROWTH PADA PT. MULTI BINTANG INDONESIA TBK.

INDRIYAWATI, DWI (2010) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENCIPTAKAN SUSTAINABLE GROWTH PADA PT. MULTI BINTANG INDONESIA TBK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)

Abstract

PT Multi Bintang Indonesia Tbk. merupakan perusahaan consumer goods terbesar di Asia Pacific, semakin besar perusahaan maka semakin mengkuatnya dorongan masyarakat, untuk memberikan kontribusi ke lingkungannya mendorong kebutuhan akan implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep yang hingga saat ini masih menghadapi pro dan kontra dalam pelaksanaannya. Walaupun demikian, konsep ini merupakan konsep yang sangat baik, terutama untuk mempertahankan dan melestarikan sumber daya alam yang terbatas yang telah dieksploitasi perusahaan. Dengan melestarikan sumber daya alam ini maka perusahaan akan dapat bertahan dalam jangka panjang. Di Indonesia, konsep CSR dituangkan dalam bentuk peraturan dengan mewajibkan perusahaan melakukan CSR berdasarkan UU No. 40 tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR yang dijalankan dalam menciptakan sustainable growth PT Multi Bintang Indonesia Tbk. Public Relations terutama yang berkaitan dengan aktivitas CSR-nya, yang dimulai dengan : mengintegrasikan CSR dalam visi dan misi perusahaan, merumuskan key success factor bersama key stakeholders, menentukan key performance indicators untuk menjamin bahwa visi dan misi terimplementasikan dengan baik, menentukan strategi dan proses untuk melaksanakan key performance indicators, melakukan dialog dengan stakeholders untuk memastikan bahwa program CSR telah berjalan dengan baik dan melakukan disclosure dan feedback program-program CSR. Penelitian ini menggunakan metode analisa (case study) yaitu metode yang memberikan penjelasan, uraian menyeluruh dan mendalam akan permasalahan yang diteliti. Jenis penelitian kualitatif dan sifat penelitian deskriptif, dan sebagai sampel penelitian Corporate Secretary, Corp. Affair and Communication Manager, Corp. Affair and Communication staff, shareholder dan perwakilan masyarakat, konsumen sebagai key informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, implementasi aktivitas atau strategi yang telah dilakukan untuk program CSR PT Multi Bintang Indonesia Tbk sejauh ini program telah berjalan dengan baik dan cukup efektif, tak hanya peduli terhadap profit tetapi juga tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat kurang mampu di sekitar lingkungan pabrik. Bentuk-bentuk model implementasi CSR, mencakup kegiatan terkait dengan : bantuan sosial, pendidikan dan pengembangan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, melestarikan lingkungan hidup, menciptakan kepuasan konsumen dan menciptakan kesejahteraan karyawan. Dengan mengaplikasikan CSR, maka perusahaan hingga saat ini tetap dapat bertumbuh secara berkelanjutan (sustainable growth).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 051
Call Number: SK/42/10/048
NIM/NIDN Creators: 4420412-006
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 May 2010 15:12
Last Modified: 21 May 2025 01:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24395

Actions (login required)

View Item View Item