PERAN SRIKANDI ASOSIASI DALAM MENJALANKAN FUNGSI PUBLIC RELATION BAGI ANGGOTA YANG MELAKUKAN PERKAWINAN CAMPUR

TANUBRATA, RATNA DEWI (2010) PERAN SRIKANDI ASOSIASI DALAM MENJALANKAN FUNGSI PUBLIC RELATION BAGI ANGGOTA YANG MELAKUKAN PERKAWINAN CAMPUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi MercuBuana_CD S1..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Public Relations adalah sebuah fungsi manajemen yang mempertahankan hubungan yang baik didalam sebuah organisasi profit atau non profit. Seiring berkembangnya ilmu komunikasi, Public Relations tidak lagi hidup diruang hampa. Ia memerlukan ruang untuk mengartikulasi peran dan fungsinya untuk membangun citra positif organisasi atau perusahaan . Berangkat dari keingintahuan penulis,isu legalitas, isu proses komunikasi serta kebutuhan wadah organisasi yang menjalankan fungsi Public Relations bagi anggotanya yang melakukan kawin campur, maka penulis melakukan penelitian terhadap sebuah organisasi non profit- Srikandi Organisasi yang berdiri atas ide 4 (empat) wanita Warga Negara Indonesia yang menikah dengan pria Warga Negara Asing di tahun 1996, berawal dengan nama I.W.F.A (Indonesian Woman of Foreigner Association) dan berganti nama di tahun 2000, menjadi Srikandi. Organisasi ini awalnya didirikan dari kesamaan visi & misi agar Wanita Indonesia yang menikah dengan WNA mendapat hak yang sama dengan mereka yang menikah dengan WNI. Namun kini organisasi tersebut berkembang dan berfokus kepada kegiatan pengembangan diri para anggota dan program-program sosialnya. Teori yang mendukung penelitian ini diambil dari teori Cultip tentang fungsi dan peran Public Relations, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatf. Banyak hal yang didapati di Organisasi atau Asosiasi Srikandi ketika fungsi dan peran tersebut seharusnya berfungsi semua, namun ternyata tidak demikian. Sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberikan dampak langsung atau tidak langsung bagi anggota dan non anggota dan menambah wawasan kita semua dengan mengetahui apa sesungguhnya peran dan fungsi sebuah Public Relations dalam sebuah organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 032
Call Number: SK/42/10/060
NIM/NIDN Creators: 44207120032
Uncontrolled Keywords: FUNGSI PR
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 25 May 2010 14:16
Last Modified: 20 May 2024 01:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24353

Actions (login required)

View Item View Item