NURDIN, ROCHMAT (2010) PERANAN OPINION LEADER DALAM MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG PEMILU PRESIDEN 2009 DARI MEDIA TELEVISI KEPADA WARGA DI KAMPUNG NAGA TASIKMALAYA - JAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
Abstract
Salah satu fungsi televisi adalah sebagai sumber informasi baik itu tentang politik,budaya kesehatan,pertanian dan lain sebagainya bagi masyarakat. Kaitannya dengan Pemilu Presiden 2009 stasiun televisi pun berlomba – lomba menyajikan tayangan informasi tentang Pemilu Presiden 2009 . Keanekaragaman acara televisi yang bertemakan tentang pemilu Presiden 2009 memungkinkan masyarakat untuk memilih acara yang mereka sukai,tak terkecuali warga Kampung Naga,Tasikmalaya – Jawa Barat. Opinion leader dalam hal ini adalah punduh desa adalah orang yang berperan menyampaikan informasi tenatang Pemilu Presiden 2009 setelah ia menerima informasi Pemilu Presiden 2009 baik itu dari televisi maupun dari PPS Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan opinion leader dalam memberikan informasi tentang pemilu Presiden 2009 kepada warga di Kampung Naga,Tasikmalaya-Jawa Barat Teori yang digunakan adalah model komunikasi Two Step Flow atau sistem komunikasi dua arah yang terdiri dari pesan komunikasi diterima oleh opinion leader atau disebut dengan pengalihan informasi dan yang kedua adalah dari opinion leader ke flower atau warga atau disebut dengan penyebarluasan informasi . Dalam penelitian ini bagaimana peran Opinion Leader menyampaikan informasi kepada flower atau warganya. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskkriftif kualitatif dengan melakukan wawancara tak berstruktur kepada opinion leader dalam hal ini Punduh desa, yaitu Bapak Suharyo .Hasil dari penelitian ini berupa kata-kata yang dihasilkan dari wawancara yang dilakukan kepada punduh desa dan ketua RT sebagai Pelengkap dan beberapa orang warga Hasil penelitian menunjukan bahwa model Komunikasi Two Step Flow ini masih berlaku yaitu bahwa peran Opinion leader, dalam hal ini adalah punduh desa masih berperan dalam menyampaikan informasi tentang pemilu Presiden 2009.Walaupun dalam hal mencari pesan kampanye warga mencari sendiri baik itu melalui media televisi atau dari para tetangga di dekat Kampung Naga yang telah didatangi oleh para juru kampanye Presiden Namun jika merujuk kepada karakteristik Opinion Leader tidak semuanya berlaku bagi Punduh desa. Diantara karakteristik yang masih relevan diantaranya adalah tingkat empati,namun pada tataran pendidikan dan tingkatan ekonomi antara punduh desa dengan warga lainnya tidak jauh berbeda . Punduh desa termasuk kedalam kategori Opinion Giving atau opinion leader aktif.. Akan tetapi dalam hal penguasaan materi Punduh desa masuk ke dalam kategori Polymorfik yaitu opinion leader yang menguasai banyak persoalan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 175 |
Call Number: | SK/41/10/064 |
NIM/NIDN Creators: | 44108110012 |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA TELEVISI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 21 Jul 2010 11:29 |
Last Modified: | 24 May 2025 06:17 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |