STRATEGI PRODUKSI PROGRAM INFOTAINMENT OBSESI PAGI DI GLOBAL TV PERIODE OKTOBER SAMPAI DESEMBER 2009

TRIWIDYASTUTI, TRIWIDYASTUTI (2010) STRATEGI PRODUKSI PROGRAM INFOTAINMENT OBSESI PAGI DI GLOBAL TV PERIODE OKTOBER SAMPAI DESEMBER 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstraksi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Berkembangnya stasiun televisi saat ini memberikan banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh khalayak. Stasiun televisi merupakan ajang untuk melakukan persaingan dalam memberikan berbagai program, dan televisi dituntut untuk dapat memberikan tayangan yang berkualitas demi mendapatkan tanggapan yang positif dari khalayaknya. Program yang disajikan oleh setiap stasiun TV, mempunyai cara yang berbeda- beda dalam hal penayangannya, dan program tersebut tentunya memiilki manfaat yang cukup besar bagi para penikmatnya. salah satunya adalah Global TV yang mempunyai program infotainment Obsesi Pagi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Produksi Infotainment Obsesi Pagi di Global TV periode Oktober- Desember dilihat dari tahapan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Global TV, khususnya program Obsesi Pagi pada tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Dengan menerapkan strategi yang baik dan matang, hal tersebut dapat membuat OBSESI PAGI di GLOBAL TV menjadi salah satu tayangan infotainment yang berada dibawah naungan Departemen News dan menjadikannya infotainment yang memiliki rating dan share tertinggi. Pada tinjauan pustaka peneliti menjadikan strategi produksi, mencakup tahapan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sebagai tolak ukur apakah program ini berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Sifat penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap beberapa narasumber yang terlibat langsung kedalam proses produksinya. Setelah melakukan wawancara mendalam peneliti menemukan beberapa strategi yang digunakan oleh tim Obsesi Pagi, baik itu strategi perencanaan seperti menentukan peran dan misi, menentukan wilayah siaran, dan menentukan hasil. Pengorganisasian seperti sarana dan prasarana dan tugas masing- masing kru. Pengarahan seperti mengarahkan dalam melakukan pencarian berita dan dalam melakukan edit paket berita. Sedangkan pengawasan seperti mengawasi seluruh kegiatan produksi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa program Obsesi Pagi masih memiliki beberapa kelemahan. Untuk itulah peneliti disini juga mamberikan sedikit saran- saran guna kemajuan program Obsesi Pagi selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 128
Call Number: SK/41/10/068
NIM/NIDN Creators: 44106010149
Uncontrolled Keywords: PROGRAM, INFOTAINMENT
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Jul 2010 11:38
Last Modified: 23 May 2025 06:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24306

Actions (login required)

View Item View Item