PERAN PRODUSER DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM TALK SHOW “E-LIFE STYLE” DI METRO TV (PERIODE NOVEMBER 2009 - JANUARI 2010)

SATRIYONO, ADHIKA (2010) PERAN PRODUSER DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM TALK SHOW “E-LIFE STYLE” DI METRO TV (PERIODE NOVEMBER 2009 - JANUARI 2010). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER..pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Acc_Abstraksi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Acc_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (BAB II)
Acc_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB III)
Acc_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (BAB IV)
Acc_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB V)
Acc_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Acc_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)

Abstract

Televisi merupakan media massa yang menyampaikan pesannya secara Audio Visual, artinya televisi dapat dilihat & didengar sehingga memudahkan masyarakat dalam menerima pesan-pesan yang disampaikan oleh televisi. Televisi saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Televisi juga merupakan media untuk memberikan satu bentuk hiburan maupun informasi. Didalam setiap stasiun televisi terdapat tim produksi yang bertugas memproduksikan sebuah program acara hiburan yang nantinya akan dinikmati oleh penonton dirumah. Salah satu bagiannya adalah seorang Produser. Umumnya, semua stasiun televisi sangat membutuhkan seorang Produser didalam suatu proses produksi program acara. Pengertian dari Produser itu sendiri adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan suatu acara siaran televisi. Perumusan didalam penulisan ini adalah bagaimana peran produser dalam proses produksi E-Life Style di Metro TV. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peran produser dalam proses produksi E-Life Style di Metro TV. Berdasarkan kerangka pemikiran yang digunakan yaitu, membahas mengenai komunikasi massa, media massa, televisi, program televisi, jenis program televisi, pengertian dan gagasan ide program talk show, proses produksi program talk show, unsur-unsur program talk show, pengertian produser dan penjelasan mengenai peranannya didalam proses produksi program talk show. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus, dan kajiannya dilakukan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara (interview) kepada semua nara sumber (key-informan) yang berhubungan dengan objek penelitian yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pada saat praproduksi seorang produser melakukan pembentukan ide untuk membuat sebuah konsep tema shooting untuk sebuah episode e-lifestyle dan kemudian, melakukan koordinasi dengan seorang asisten produser, tim liputan dan departemen current affair. Dalam pelaksanaan produksi peranan produser melakukan koordinasi dengan banyak elemen produksi yang terlibat. Pada umumnya, seorang produser dalam proses ini lebih berperan menjadi switcerman dan berkoordinasi dengan floor director. Sedangkan untuk paska produksi seorang produser juga harus tetap berkoordinasi dengan seorang editor untuk review shooting secara ‘live-on-tape’ paska shooting yaitu dilakukan proses produksi layaknya siaran secara langsung tanpa proses editing dan juga bagian quality control untuk penayangan re-run.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 147
Call Number: SK/41/10/073
NIM/NIDN Creators: 4410401-025
Uncontrolled Keywords: PERAN PRODUSER, TALK SHOW
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Jul 2010 11:21
Last Modified: 23 May 2025 02:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24295

Actions (login required)

View Item View Item