WIDYHASTUTI, RATIH (2010) PENCITRAAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (SBY) DALAM IKLAN INDOMIE SELERAKU, SBY PRESIDENKU (SEBUAH KAJIAN FRAMING IKLAN POLITIK). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
Efektivitas iklan politik di televisi secara perlahan mampu membawa nalar politik kepada publik. Iklan politik SBY dengan mengadaptasi jingle milik Indomie diakui merupakan cara cepat dan tepat menaikkan popularitas kandidat capres SBY. Elektabilitas yang diperoleh SBY mampu menjadikannya orang nomor 1 di republik ini. Realitas yang sebenarnya SBY berhasil menjadi juara dalam pesta demokrasi 5 tahunan itu berkat iklan-iklan yang salah satunya iklan Indomie seleraku SBY presidenku sebagai iklan pelengkap (complement). Pembuatan iklan dengan latarbelakang lagu komersil yang populer dinilai mampu memengaruhi kognisi khalayak. Lirik lagu yang telah diaransemen oleh Fox Indonesia selaku perusahaan jasa pembuat iklan menjadi kekuatan utama agar khalayak dapat menangkap pesan yang dimaksud, selain beberapa adegan visual yang berhasil dikemas untuk memperkuat karakter kandidat. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan pencitraan yang berhasil dikonstruksi. Peneliti menggunakan metode analisis framing untuk mengetahui bagaimana realitas yang mampu dibingkai oleh copywriter dan visualizer selaku eksekutor iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis framing. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumentasi, bertujuan untuk melihat bahasa audio (lirik) dan visual (adegan) sehingga mampu menginterpretasikan hasil penelitian. Hasil penelitiannya adalah iklan tersebut merupakan penonjolan sikap positif agar dipilih khalayak dengan pemunculan lirik dan adegan untuk memperkuat karakter tokoh SBY. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa iklan yang dibidani oleh Fox, telah berhasil menjuarai kompetisi 5 tahunan tersebut dengan mengadopsi jingle milik Indomie. Karena pada hakikatnya dengan penggunaan lagu terkenal dalam iklan mampu menarik perhatian dan mengembalikan ingatan, serta menjadikan merk mudah diingat. Penggunaan musik yang easylistening dan lirik lagu yang mudah dihapal menjadi ciri yang membuat iklan kampanye politik diingat dan dijadikan pembenaran sehingga mampu memanipulasi khalayak untuk memilih SBY pada hari pemilihan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 111 |
Call Number: | SK/41/10/102 |
NIM/NIDN Creators: | 44106010131 |
Uncontrolled Keywords: | IKLAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 24 Aug 2010 11:19 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |