HUBUNGAN KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT IFORTE SOLUSI INFOTEK

MARIA, MARIA (2010) HUBUNGAN KOMUNIKASI PERSUASIF PIMPINAN DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT IFORTE SOLUSI INFOTEK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)

Abstract

Setiap organisasi memiliki tujuan yang ingin dicapai, dan untuk mewujudkannya perlu adanya komunikasi yang baik antara pimpinan dan karyawan. Untuk mengarahkan karyawan melakukan apa yang diinginkan perusahaan, eksistensi pimpinan sebagai komunikator sangat dipertaruhkan untuk mempersuasi karyawan. PT Iforte Solusi Infotek merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi dan teknologi. Peneliti sangat tertarik untuk meneliti komunikasi persuasif pimpinan, dalam hal ini pimpinan sebagai persuader dan adakah hubungannya dengan motivasi kerja karyawan. Teori yang digunakan adalah Teori Aristoteles dalam ilmu retorika yang terdiri dari Ethos, Pathos dan Logos. Ethos yang merujuk pada karakteristik personal atau kredibilitas komunikator, Pathos merujuk pada kemampuan dalam mengendalikan emosi pendengar, dan Logos merujuk pada kemampuan dalam beragumentasi di mana pesan yang disampaikan selalu konsisten, jelas dan masuk akal. Kemampuan pimpinan dalam mempersuasi karyawan dapat menumbuhkan motivasi kerja karyawan, yaitu kemampuan untuk mengerahkan segala daya dan kemampuannya untuk memajukan perusahaan. Teori motivasi yang digunakan adalah Teori Motivasi Prestasi oleh David Mc. Clelland yang terdiri dari kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan afiliasi, dan kebutuhan akan kekuatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan penyebaran kuesioner pada sejumlah sampel, Data primer diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner, untuk melengkapi data penelitian, maka peneliti menggali data sekunder diantaranya dengan melakukan wawancara dengan narasumber dan studi kepustakaan, yang selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisa dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment Hasil penelitian dan analisa menunjukkan bahwa komunikasi persuasif pimpinan yang diterapkan di PT Iforte Solusi Infotek menumbuhkan motivasi kerja karyawan yang menunjukkan prestasinya. Dengan menggunakan perhitungan yang menggunakan rumus Pearson Product Moment menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang mapan antara komunikasi persuasif pimpinan dengan motivasi kerja karyawan. Maka adanya pernyataan bahwa ada hubungan antara komunikasi persuasif pimpinan dengan motivasi kerja karyawan dapat diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 074
Call Number: SK/42/10/092
NIM/NIDN Creators: 0420311-027
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI KERJA
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Oct 2010 13:23
Last Modified: 20 May 2025 07:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24205

Actions (login required)

View Item View Item