PENGETAHUAN REMAJA DI KOMPLEK TAMAN SURYA BUANA CILEDUK TERHADAP TAYANGAN JELAJAH DI TRANS TV (PERIODE 1 MARET - 18 JULI 2010)

WIRNANTO, DANIEL (2010) PENGETAHUAN REMAJA DI KOMPLEK TAMAN SURYA BUANA CILEDUK TERHADAP TAYANGAN JELAJAH DI TRANS TV (PERIODE 1 MARET - 18 JULI 2010). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Komunikasi massa adalah sebagian dari bentuk-bentuk ilmu komunikasi, salah satu ciri yang membedakan komunikasi massa dengan komunikasi lainnya yaitu penggunaan media sebagai alat penyampai pesannya. Salah satu media komunikasi massa adalah televisi yang banyak menayangkan berbagai macam acara. Pada dasarnya apa saja bisa dijadikan program untuk ditayangkan ditelevisi selama program itu menarik dan disukai audien, karena khalayak merupakan merupakan tujuan utama dibuatnya sebuah program acara, yang pada akhirnya acara itu akan menimbulkan dampak atau efek tersendiri terhadap khalayaknya. Efek yang disebarkan oleh komunikator melalui media massa timbul pada komunikan yang pada hal ini sebagai sasaran dari komunikasi. Berdasarkan latar belakang diatas dirumuskan dalam penelitian yaitu sejauhmana Pengetahuan Remaja Di Komplek Taman Surya Buana Cileduk Terhadap Tayangan Jelajah Di TRANS TV Periode 1 Maret- 12 Juli 2010. Penulis memilih efek sebagai hal yang diteliti, Efek adalah sesuatu yang timbul ketika seseorang menerima dan terpengaruh akan suatu hal maupun pesan yang telah disampaikan oleh komunikator Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan remaja di komplek taman surya buana cileduk terhadap tayangan “jelajah” di TRANS TV Periode 1 Maret- 12 Juli 2010. yang ditayangkan setiap hari minggu, pukul 08.00 sampai 08.30 WIB. Penelitian ini menggunakan teori yang di ungkapakan oleh Harolld D.Lasswell berupa ungkapan verbal, yakni: ”Who, Says What, In Which Channel, To Whom, With What Effect” (Atau siapa, Mengatakan apa, Dengan saluran apa, Kepada siapa, Dengan pengaruh bagaimana), Teori ini dianggap relevan karena tayangan jelajah mempunyai efek terhadap khalayaknya. Penelitian ini bersifat deskriptif yang menggunakan metode survey. Data diperoleh dari remaja di komplek taman surya buana cileduk sebanyak 92 responden. Dan data primer diperoleh dengan kuisioner dan diolah menggunakan tekhnik purpossive sampling. Dari data identitas responden diketahui bahwa seluruh responden pernah menonton tayangan “jelajah”. Dari hasil yang di peroleh pada penelitian ini pada tahap efek kognitif sebanyak 61,96% responden memiliki pengetahuan mengetahui. Sedangkan saran yang diberikan untuk program jelajah adalah bagi penyelenggara setasiun televisi yang akan menayangkan program feature agar lebih meningkatkan lagi akan isi pesan dari tayangan tersebut dan memperhatikan latar belakang dari host dalam membawa suatu program acara agar program dapat memiliki kualitas pesan yang lebih baik, kemudian menentukan jam tayang yang lebih sesuai terhadap audiensnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 113
Call Number: SK/41/10/121
NIM/NIDN Creators: 44105010132
Uncontrolled Keywords: TAYANGAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Oct 2010 15:14
Last Modified: 23 May 2025 07:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item