GOZALI, MUHAMMAD (2010) DAMPAK TAYANGAN “MINTA TOLONG” DI RCTI TERHADAP SIKAP EMPATI MAHASISWA FIKOM UNIVERSITAS MERCU BUANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
Abstract
Tayangan reality show ”minta tolong” diRCTI adalah tayangan yang merupakan kisah tentang kehidupan orang susah yang membutuhkan pertolongan, bagi yang menolongnya akan mendapatkan imbalan berupa uang. Tayangan reality show “minta tolong” diRCTI merupakan acara yang menggunakan hidden kamera dimana program reality show yang menguji kepekaan hati nurani orangorang di sekitar kita. Melalui kamera tersembunyi, kita melihat bagaimana reaksi orang-orang ketika seseorang datang meminta pertolongan, apakah mereka dengan tulus ikhlas menolong atau justru mereka menutup mata bagi penderitaan orang lain. Tayangan Reality show “minta tolong” adalah sebuah refleksi, apakah di masa krisis dan serba susah ini kita masih memiliki kepedulian terhadap sesama kita. Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti sejauh mana dampak tayangan “minta tolong” diRCTI terhadap sikap empati mahasiswa fikom universitas mercu buana. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teori S-R (stimulus-respons), dilihat bahwa televisi bisa mempengaruhi respondenya, disini jelas bahwa teori stimulus-respons sebagai teori dasar media massa, bisa mempengaruhi respondennya berdampak yang diterimanya yaitu tayangan “minta tolong” diRCTI terhadap sikap empati mahasiswa fikom universitas mercu buana. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan sifat eksplanatif kuantitatif dengan metode survey terhadap 93 responden yang diambil dengan tekhnik purposive sampling dan proposional stratified sampling di Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2006-2008 semester 4,6 dan 8 diMeruya Selatan Jakarta Barat. Dari Penelitian ini menggunakan kuisioner berjumlah 26 pertanyaan, didapatkan hasil adanya pengaruh terhadap tayangan reality show minta tolong diRCTI yaitu dampak tayangan “minta tolong” di RCTI terhadap Sikap Empati Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana. Dari uji korelasi Pearson didapatkan korelasi yang cukup berarti yakni sebesar 0,536. Pengaruh tayangan televisi reality show minta tolong berdampak positif, menunjukan bahwa semakin tinggi pengaruh televisi maka semakin tinggi sikap empati mahasiswa fikom terhadap tayangan “minta tolong” di RCTI. Dilihat dari uji regresi terdapat nilai 28,7% Variable sikap empati dapat dijelaskan oleh variabel dampak tayangan minta tolong. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 71,3% dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Sehingga dapat dijelaskan dalam penelitian ini tayangan reality show “minta tolong” diRCTI cukup berpengaruh terhadap sikap empati mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 091 |
Call Number: | SK/41/10/150 |
NIM/NIDN Creators: | 44106010124 |
Uncontrolled Keywords: | TAYANGAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 02 Nov 2010 11:23 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:53 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |