KURNIASARI, TYAS (2010) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN DAHSYAT (WEEKEND SABTU) DI RCTI BAGI REMAJA DI PERUMAHAN PERIUK JAYA PERMAI TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
Abstract
Televisi adalah media massa yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia secara langsung, sebab televisi mempunyai dampak yang cukup besar pada kehidupan manusia. Televisi memiliki banyak jenis program acara seperti kuis, reality show, variety show, informasi, olahraga, komedi, sinetron dan yang sedang popular atau sedang trend saat ini adalah program musik. Dahsyat merupakan deretan lagu hits teratas yang berisi video klip, performance artis serta di setiap episodenya ada dahsyatnya Radio, dahsyatnya Sekolah, dahsyatnya kantor, dahsyatnya Pasar, dahyatnya Berbagi, dahsyatnya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kognitif dan afektif tayangan Dahsyat (Weekend Sabtu) di RCTI Bagi Remaja di Perumahan Periuk Jaya Permai Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori stimulus-respons, pada dasarnya merupakan suatu prinsip belajar yang sederhana, di mana efek merupakan reaksi terhadap stimuli tertentu. Dengan demikian seseorang dapat mengharapkan atau memperkirakan suatu kaitan erat antara pesan-pesan media dan reaksi audience. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dimana si peneliti ingin mengetahui gambaran suatu hal, tidak menghubunghubungkan variabel dan tidak hanya menggambarkan fenomena yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 84 responden dengan menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian ini pada efek kognitif sebanyak 81 responden atau 92% memiliki pengetahuan tinggi. Pada efek afektif sebesar 80 responden atau 86% memberikan sikap yang positif terhadap tayangan Dahsyat (Weekend Sabtu). Sarannya adalah dari tayangan Dahsyat (Weekend Sabtu) yang menyajikan musik dan budaya Indonesia. Dalam penyajian budayanya untuk tarian, alat musik dan lain-lain sebaiknya durasinya di tambah agar pemirsa dapat menyaksikan dengan baik kebudayaan-kebudayaan yang ditayangkan Dahsyat (Weekend Sabtu). Untuk kebudayaannya lebih di perbanyak lagi, agar pemirsa lebih mengenal kebudayaan tradisional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 044 |
Call Number: | SK/41/10/151 |
NIM/NIDN Creators: | 44106010029 |
Uncontrolled Keywords: | TAYANGAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 02 Nov 2010 11:24 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:47 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |