PEMAKNAAN PESAN PADA IKLAN TELEVISI INDOMILK VERSI “SKATE BOARD (SUSU CAIR KEMASAN BOTOL)”

Wicaksono, Rakusumo (2010) PEMAKNAAN PESAN PADA IKLAN TELEVISI INDOMILK VERSI “SKATE BOARD (SUSU CAIR KEMASAN BOTOL)”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Konsistensi dalam visualisasi iklan tentu saja tidak terlepas dari kepentingan produk atau brand itu sendiri, namun berbagai macam konsep, tema serta design iklan menggunakan suatu visualisasi iklan yang memiliki maksud dan tujuan sesuai motif dari komunikasi periklanan yang telah disepakati oleh perusahaan pemegang merk dan produk serta si perusahaan pembuat iklan (advertising agency). Penelitian ini menggunakan konsep dan metode tentang keanekaragaman kegiatan anak-anak yang ada di masyarakat yang terangkum di dalam iklan televisi susu botol Indomilk versi skateboard, kemudian untuk memaknai tandatanda pada iklan tersebut, maka digunakanlah pendekatan teori-teori pada studi semiotika untuk melihat bagaimana tanda-tanda tersebut berperan dalam proses komunikasi dan berinteraksi untuk kemudian menciptakan suatu makna pesan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode/teori Charles Sanders Pierce dengan menggunakan kesembilan elemen pembangkit tandanya, yaitu qualisign, sinsign, legisign, ikon, indeks, symbol, rheme, dicent, dan argument. Sebagai unit analisis yaitu iklan televisi susu botol Indomilk versi “Skateboard”. Kemudian data dianalisis dengan metode segitiga makna yaitu Sign, Object dan Intepretant. Dari hasil penelitian menunjukan rangkaian penggunaan bentuk tanda yang keseluruhannya berhubungan dan dapat memberikan gambaran bahwa dengan analisis semiotika, citra sebuah produk dapat diketahui melalui iklan televisinya. Hal tersebut dapat dianalisa dari tanda-tanda yang muncul dalam iklan televisi baik visual, teks, maupun audio. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa citra yang ingin dibangun oleh merek indomilk adalah imajinatif, fun, ceria, smart, penuh nutrisi, peacefull, dinamis, terpercaya, harmonis, dan terus maju, serta dapat menjadi kebanggaan sejak dulu.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 028
Call Number: SK/43/10/067
NIM/NIDN Creators: 04303-108
Uncontrolled Keywords: PESAN, IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Nov 2010 14:56
Last Modified: 23 May 2025 06:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24099

Actions (login required)

View Item View Item