AMALIA, DJULITA (2010) POLA KOMUNIKASI YANG DILAKUKAN OLEH PUBLIC RELATIONS PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) DALAM MELAKSANAKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE UNTUK MEMBENTUK CITRA PERUSAHAAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
Abstract
Menurut Surat Keputusan Menteri BUMN No. Kep-117/M-MBU/2002 tanggal 1 Agustus 2002 tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance pada Badan Usaha Milik Negara, menekankan kewajiban untuk menerapkan Good Corporate Governance (GCG). GCG atau tata kelola perusahaan yang baik merupakan pilar utama untuk tumbuh dan berkembang sekaligus memimpin perusahaan secara efektif. PT Angkasa Pura II (Persero) merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa kebandarudaraan turut menerapkan GCG agar dapat memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Dalam melaksakan GCG, Public Relations PT. Angkasa Pura II (Persero) menggunakan pola komunikasi yaitu pola komunikasi ke bawah, ke atas dan horizontal. Pola komunikasi ke bawah dengan cara sosialisasi dilakukan pada tahun 2006, karyawan pun melakukan komunikasi ke atas dan komunikasi horizontal seperti bertanya, berdiskusi, memberi masukan, memberi informasi, saling membantu, serta saling mengingatkan antar sesama karyawan. Penghargaan pun diraih sebagai The Best 1 in Good Corporate Governance pada tahun 2007, bahkan setiap tahun mendapat juara walaupun mendapat peringkat empat pada tahun 2008 dan 2009. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah memaparkan bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations PT Angkasa Pura II (Persero) melaksanakan GCG dalam membentuk citra perusahaan. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan menyimpulkan hasil wawancara mendalam (indepth interview) kepada empat nara sumber internal. Penelitian ini juga disertai dengan pengamatan langsung dilapangan dan lokasi kerja para narasumber. Pola komunikasi yang dilakukan baik ke bawah, ke atas maupun horizontal sudah cukup baik dilaksanakan dan sampai saat ini tetap konsisten menjalankan GCG sebagai landasan operasionalnya. Citra yang didapat oleh PT Angkasa Pura II (Persero) pun cukup baik dimata pemerintah dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 10 091 |
Call Number: | SK/42/10/118 |
NIM/NIDN Creators: | 44206010035 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 09 Dec 2010 10:39 |
Last Modified: | 20 May 2025 03:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |