PENERAPAN TUGAS DAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS PADA PUSAT DIKLAT PEGAWAI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM SOSIALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING

SAKIYAH, SAKIYAH (2010) PENERAPAN TUGAS DAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS PADA PUSAT DIKLAT PEGAWAI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM SOSIALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai rendahnya minat pegawai dalam mengikuti diklat dengan menggunakan program pembelajaran melalui elearning, untuk itu diperlukan sosialisasi sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada pegawai dengan menerapkan tugas dan fungsi Public Relations Pusat Diklat Pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam sosialisasi Program Pembelajaran Melalui Elearning. Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, apakah tugas dan fungsi PR sudah diterapkan dalam sosialisasi program pembelajaran melalui elearning oleh Pusat Diklat pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika. Untuk menjawab masalah penelitian ini penulis mengemukakan konsep dan teori Komunikasi, PR, Tugas PR, Fungsi PR, Pendidikan dan Pelatihan, Sosialisasi dan Definisi Elearning Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan Teknik Pengumpulan Data melalui Sumber Primer dan Sekunder. Melakukan analisa data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara (Triangulasi). Data diperoleh dengan wawancara mendalam (indepth interview) dengan dua jenis narasumber Key Informan dan Informan. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan tugas PR dalam sosialisasi adalah dengan menyelenggarakan dan bertanggungjawab dalam penyampaian informasi, memonitor, memperbaiki citra, tanggungjawab sosial, sementara fungsi PR diterapkan dengan memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya masalah PR bersama-sama mencari dan menemukan kepentingan organisasi yang mendasar, dan menginformasikan kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian, yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas dan lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tugas dan fungsi PR sudah dijalani oleh Kepala Pusat Diklat Pegawai yaitu mensosialisasikan program pembelajaran melalui elearning tetapi intensitas yang dilakukan masih sangat kurang. Rendahnya minat pegawai mengikuti diklat melalui internet adalah selain belum banyak pegawai yang tahu manfaat mengikuti diklat melalui internet tersebut, juga dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana, terutama untuk pegawai yang berada di daerah-daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 093
Call Number: SK/42/10/119
NIM/NIDN Creators: 44205120040
Uncontrolled Keywords: Tugas, Fungsi, E-Learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Dec 2010 10:56
Last Modified: 20 May 2025 03:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23942

Actions (login required)

View Item View Item