DAMPAK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN ”ONLINE” DI TRANS TV TERHADAP SISWA-SISWI SMAN 4 TANGERANG SELATAN

PUTRIASIH, RIZKY (2010) DAMPAK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN ”ONLINE” DI TRANS TV TERHADAP SISWA-SISWI SMAN 4 TANGERANG SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Media massa merupakan alat yang sangat efektif dan mempunyai daya pengaruh yang kuat dalam menyampaikan atau membentuk sebuah pendapat umum dan pesan yang realitas, dengan memprioritaskan penekanan pada pesan yang disampaikan, Dari sekian banyak program variety talk show yang menghiasi layar kaca, acara “Online” memiliki ciri khas yaitu Memberikan hiburan dan informasi “Online” merupakan salah satu acara variety talk show yang diminati oleh khalayak khususnya remaja, terbukti saat program acara ini masuk kedalam nominasi Panasonic Gobel Award 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak Kognitif dan afektif tayangan “Online” di Trans TV terhadap siswa-siswi SMAN 4 Tangerang Selatan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification, dalam teori tersebut menjelaskan tentang suatu proses dimana kondisi sosial psikologis seseorang akan menyebabkan adanya kebutuhan, yang menciptakan harapan-harapan terhadap media massa atau sumber-sumber lain yang akhirmya akan menghasilkan pemenuhan kebutuhan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Survei kepada Siswa-siswi SMAN 4 Tangerang Selatan kelas X dan XI. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuisioner kepada responden yang dilakukan pada tanggal 28 – 30 juli 2010 sebanyak 72 responden yang diolah mengunakan teknik purposive sampling. Dari data identitas responden diketahui bahwa seluruh responden pernah menonton tayangan “Online” di Trans TV. Dari hasil ketiga tahap tersebut, peneliti kemudian mengolahnya dan pada akhirnya diperoleh hasil bahwa mayoritas responden pada penelitian ini, yaitu dari total responden 72 orang, pada Dampak Kognitif tayangan “Online” sebanyak 42 responden atau 58,3% dapat dikategorikan Sangat Tinggi, jadi dari 72 responden tersebut dapat dikatakan bahwa dampak kognitif dan afektif sangat berpengaruh dalam tayangan “Online” sebanyak 45 responden atau 62,5% yang dapat dikategorikan Sangat Tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 057
Call Number: SK/41/10/156
NIM/NIDN Creators: 44106010090
Uncontrolled Keywords: Dampak, Kognitif, Afektif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Dec 2010 09:59
Last Modified: 21 May 2025 07:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23899

Actions (login required)

View Item View Item