STRATEGI PENYAJIAN PROGRAM BERITA METRO HARI INI DI METRO TV

ULFAH, MARDIYAH (2010) STRATEGI PENYAJIAN PROGRAM BERITA METRO HARI INI DI METRO TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Televisi menjadi salah satu media massa yang sangat diminati masyarakatsaat ini. Dari berbagai macam tayangan program acara televisi, siaran berita televisi cukup dapat menarik bagi masyarakat, maka diperlukan suatu strategi dalam merencanakan berita yang akan ditayangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi redaksi dalam menayangkan program Metro Hari Ini di Metro TV. Teori yang digunakan adalah Teori Agenda Setting Cohen yang mengatakan bahwa media membentuk persepsi atau pengetahuan publik tentang apa yang dianggap penting. Apa yang dianggap penting oleh media, maka dianggap penting juga oleh publik. Pada penelitian ini strategi redaksi yang digunakan adalah manajemen redaksional oleh George R Terry yaitu usaha – usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating) dan pengawasan/evaluasi (evaluating) Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif yaitu penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan secara jelas tentang strategi penayangan program berita Metro Hari Ini di Metro TV. Penelitian ini termasuk pada penelitian pendekatan kualitatif karena penulis ingin menggambarkan strategi yang dilakukan redaksi Metro TV terhadap program Metro Hari Ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, penelitian ini berupaya untuk mengetahui strategi yang dilakukan redaksi Metro TV untuk menarik perhatian pemirsa. Teknik pengumpulna data primer berupa hasil wawancara mendalam kepada beberapa nara sumber Metro TV. Penggunaan data sekunder mendalam kepada beberapa nara sumber Metro TV. Penggunaan data sekunder juga dilakukan untuk mendukung temuan – temuan selama penelitian, seperti : hasil rating dan pengamatan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi redaksi Metro TV dalam menayangkan program Metro TV berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan, walaupun ada beberapa hal yang menurut sumber Metro TV adalah rahasia yaitu mengenai target rating dan target iklan, sehingga yang menjadi ukuran sejauh mana target tersebut sudah tercapai tidak diketahui dengan pasti.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 186
Call Number: SK/41/10/185
NIM/NIDN Creators: 0410311-054
Uncontrolled Keywords: Strategi, Program, Berita
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Dec 2010 11:46
Last Modified: 24 May 2025 03:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item