MARDIANA, IKA (2010) KECENDERUNGAN ISI PESAN TAYANGAN INFOTAINMENT “GO SPOT” DI RCTI DILIHAT DARI OBJEKTIVITAS BERITANYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
bab 5(1).pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
Abstract
Infotainment adalah acara hiburan yang isinya berita seputar orang terkenal. Go Spot merupakan tayangan infotainment yang beritanya dibuat sesuai fakta dan keterangan yang didapat, gaya bahasa yang disampaikan pun lembut dan tidak selalu menggebu-gebu. Go Spot ditayangkan setiap hari senin sampai dengan jumat pada pukul 06.30 pagi di RCTI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan tayangan infotainment GO SPOT di RCTI layak atau tidak untuk dikatakan suatu berita dilihat dari sisi objektivitas berita. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran mengenai Objektivitas Berita, meliputi : Kebenara, Relevansi, Keseimbangan dan Netralitas. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penilitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dengan metode penelitian analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan berita yang ada dala tayangan infotainment Go Spot di RCTI dilihat dari objektivitas beritanya, tayangan ini sudah memenuhi kaidah jurnalistik. Dari sisi kebenarannya tayangan Go Spot di RCTI sebanyak 41.73%, kebenaran disini ada kaitannya dengan unsure 5W+1H dan ini ada dalam berita Go Spot di RCTI, sedangkan berita yang mengandung relevansi sebanyak 10.23% kemudian berita yang mengandung keseimbangan sebanyak 41.73% kemudian yang terakhir netralitas sebanyak 6.299%. Dalam menayangkan berita-berita para artis hendaknya tetap mengutamakan apa yang dinamakan Objektivitas Berita, yaitu Kebenaran, Relevansi, Keseimbangan, dan Netralitas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 039 |
Call Number: | SK/41/10/190 |
NIM/NIDN Creators: | 44105120023 |
Uncontrolled Keywords: | Tayangan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 22 Dec 2010 15:16 |
Last Modified: | 21 May 2025 07:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |