KECENDERUNGAN ISI PESAN TAYANGAN INFOTAINMENT “GO SPOT” DI RCTI DILIHAT DARI OBJEKTIVITAS BERITANYA

MARDIANA, IKA (2010) KECENDERUNGAN ISI PESAN TAYANGAN INFOTAINMENT “GO SPOT” DI RCTI DILIHAT DARI OBJEKTIVITAS BERITANYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Infotainment adalah acara hiburan yang isinya berita seputar orang terkenal. Go Spot merupakan tayangan infotainment yang beritanya dibuat sesuai fakta dan keterangan yang didapat, gaya bahasa yang disampaikan pun lembut dan tidak selalu menggebu-gebu. Go Spot ditayangkan setiap hari senin sampai dengan jumat pada pukul 06.30 pagi di RCTI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan tayangan infotainment GO SPOT di RCTI layak atau tidak untuk dikatakan suatu berita dilihat dari sisi objektivitas berita. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran mengenai Objektivitas Berita, meliputi : Kebenara, Relevansi, Keseimbangan dan Netralitas. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penilitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dengan metode penelitian analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan berita yang ada dala tayangan infotainment Go Spot di RCTI dilihat dari objektivitas beritanya, tayangan ini sudah memenuhi kaidah jurnalistik. Dari sisi kebenarannya tayangan Go Spot di RCTI sebanyak 41.73%, kebenaran disini ada kaitannya dengan unsure 5W+1H dan ini ada dalam berita Go Spot di RCTI, sedangkan berita yang mengandung relevansi sebanyak 10.23% kemudian berita yang mengandung keseimbangan sebanyak 41.73% kemudian yang terakhir netralitas sebanyak 6.299%. Dalam menayangkan berita-berita para artis hendaknya tetap mengutamakan apa yang dinamakan Objektivitas Berita, yaitu Kebenaran, Relevansi, Keseimbangan, dan Netralitas

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 039
Call Number: SK/41/10/190
NIM/NIDN Creators: 44105120023
Uncontrolled Keywords: Tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Dec 2010 15:16
Last Modified: 21 May 2025 07:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item