HUBUNGAN MENONTON TAYANGAN VARIETY SHOW PARANOIA DI O’CHANNEL TERHADAP SIKAP HEDONISME REMAJA

SURI, SISKA PRANITI (2010) HUBUNGAN MENONTON TAYANGAN VARIETY SHOW PARANOIA DI O’CHANNEL TERHADAP SIKAP HEDONISME REMAJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)

Abstract

Media televisi sebagai sarana yang bersifat informatif, edukatif dan menghibur, namun hanya sedikit yang mendidik dan lebih banyak mengarah kepada hiburan saja. Salah satu tayangan hiburan yang muncul adalah format variety show. Salah satu variety show yang bertemakan musik dan mengangkat kehidupan malam yakni Paranoia. Program ini sarat akan suasana hedonism (berpesta pora) dimana gambaran tersebut kurang mendidik bagi para penonton khususnya remaja. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana hubungan menonton tayangan variety show paranoia di O’Channel terhadap sikap hedonism remaja (Survey terhadap siswa/i SMAN 78 Kemanggisan Jakarta Barat. Adapun tinjauan pustaka dalam penelitian ini menggunakan teori formula Harold D. Laswell. Dimana inti dari model tersebut Who (siapa), Say What(mengatakan apa), In Which Channel(disaluran mana), To Whom(kepada siapa), With What Effect(dengan efek bagaimana). Formula lawell menunjukkan kecenderungan bahwa komunikator ingin mempengarungi receiver dengan pesan-pesannya dan semata-mata dianggap sebagai proses persuasif dan memberikan efek sebesar-besarnya. Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan metode survey terhadap 91 responden yang diambil dengan teknik stratified sampling di SMAN 78 Kemanggisan Jakarta Barat. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berjumlah 15 pertanyaan. Berdasarkan hasil perhitungan Alpha – Cronbach dengan software SPSS 15, pada uji realibilitas dengan hasil 0,799 pada variabel X dan variabel Y, berarti kedua variabel tersebut reliabel. Pada hasil uji validitas, hasil dari rhitung instrumen adalah 0,267 – 0,600 dan hasil tersebut lebih besar dari rtabel (0,207) yang berarti instrumen tersebut adalah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan dan sejauh mana hubungan menonton variety show paranoia di O’Channel terhadap sikap hedonism remaja dengan menggunakan rumus Pearson Correlation dan persamaan regresi. Adapun nilai koefisien korelasi sebesar 0,456 yang berarti korelasi pada tingkatan sedang atau cukup. Tingkat signifikansi penelitian ini 0,00 dimana lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,01 sehingga korelasinya dinyatakan signifikan. Kontribusi X dan Y sebesar 20,8 % dan sisanya 72,9 % dijelaskan karna factor pengaruh lain diluar variabel X. Dengan demikian terdapat hubungan antara menonton tayangan Variety Show Paranoia di O’Channel terhadap sikap hedonisme remaja (Survey Terhadap siswa/i SMAN 78 Kemanggisan Jakarta Barat).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 187
Call Number: SK/41/10/192
NIM/NIDN Creators: 44106010203
Uncontrolled Keywords: Tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Dec 2010 15:19
Last Modified: 24 May 2025 03:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item