PERAN POLING SMS DALAM PROSES PENYUSUNAN PROGRAM MUSIK HOT HIT'S TEN DI CAHAYA TELEVISI BANTEN

HERIMAWAN, ARIEF (2010) PERAN POLING SMS DALAM PROSES PENYUSUNAN PROGRAM MUSIK HOT HIT'S TEN DI CAHAYA TELEVISI BANTEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Bagi sebuah stasiun televisi, program acara merupakan hal terpenting bagi kelangsungan hidup stasiun televisi. Berbagai jenis program ditawarkan kepada khalayak luas, salah satunya adalah program musik Hot Hit’s Ten yang ditayangkan stasiun televisi lokal Cahaya Televisi Banten. Program ini menampilkan 40 video klip yang dipilih berdasarkan polling sms yang berasal dari pemirsa dirumah. Program yang hadir setiap hari senin hingga jum’at secara live dan juga pada hari jum’at menampilkan tangga lagu yang merupakan hasil akumulasi polling sms selama satu minggu. Namun tidak dapat di pungkiri statistiknya menaik dan menurun. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah memaparkan bagaimana peran polling sms dalam proses penyusunan program Hot Hit’s Ten di Cahaya Televisi Banten studi kasus perolehan polling sms tanggal 30 September 2010. Hal yang diteliti meliputi proses penyusunan pola siar berdasarkan polling sms serta proses pra-produksi, produksi, hingga evaluasi produksi mengenai bagaimana polling sms berperan. Dalam proses penyusunan pola siar perlu memperhatikan unsur-unsur manajemen penyiaran yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), pengawasan (controlling). Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan menyimpulkan hasil wawancara mendalam (indepth interview) kepada narasumber yaitu programmer, produser dan tim kreatif. Penelitian ini disertai dengan pengamatan langsung dilokasi shooting. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa bagi stasiun televisi Cahaya Televisi Banten, polling sms dapat digunakan sebagai evaluasi dalam bentuk riset non rating, mendekatkan program dengan pemirsa dan juga merupakan kekuatan dari sebuah program sehingga polling sms mempengaruhi penempatan dan keberlangsungan sebuah program acara khususnya program musik Hot Hit’s Ten. Dalam proses produksi tentunya terdapat kendala yang dihadapi, diantaranya polling sms yang tidak dapat dihitung karena adanya gangguan pada jaringan (server) dan juga menambah ketersediaan video klip terbaru. Sehingga penulis menyarankan agar melaksanakan peralatan tehnik secara reguler sebagai tindakan pencegahan (preventif) dan bekerja sama secara aktif dengan label musik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 177
Call Number: SK/41/10/193
NIM/NIDN Creators: 44106010206
Uncontrolled Keywords: Program
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Dec 2010 15:21
Last Modified: 24 May 2025 06:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23863

Actions (login required)

View Item View Item