WULANDARI, YULIANTI FAJAR (2010) PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM PELATIHAN LAYANAN PRIMA BADAN PENGELOLA GEDUNG MANGGALA WANABAKTI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KARYAWAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi PR an Yulianti FW.PDF Restricted to Registered users only Download (32MB) |
Abstract
Komunikasi merupakans alahs atu unsur penentuk eberhasilan'sebuaohr ganisasi.O rganisasi membuhrhkan komunikasi dalan menjalankan aktivitasnya. Komunikasi yang dilakukan organisasi berupa komunikasi eksternal dan internal. Keberhasilan komunikasi antara organisasi denganp ublik eksternalnyaj,u "ffi berawal dari keberhasilano rganisasit ersebutd alam mengelola komunikasi dengan publik internal ftaryawan). Hal ini dikarenakan karyawan merupakan ujung tombak danr oda penggerakjalannyas uatuo rganisasi. Perananpz6lic relations dalam mengelola komunikasi intemal, salah satunya adalah melalui program komunikasi internal yang bermanfaatb agi karyawan dan perusahaanP. elatihan adalah salah satu media komunikasi yang digunakan oleh organisasi bagi publik internalnya. Penelitian ini berfujuan untuk mengetahui dan mengtraikan perananpublic relations dalam pelatihan layanan prima Badan Pengelola Gedung Manggala Wanabakti untuk meningkatkan pengetahuan karyawan. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah komunikasi organisasi, khususnya peranan komunikasi yang dilakukan oleh manajemen dalam bentuk pelatihan kepada Komunikasi organisasi menurut Pace dan Faules adalah pertunjukan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi dalam organisasi dalam hubungan hiermkis antara satu dengan lain. Fungsi public relations menurut Cutlip, Center dan Broom adalah untuk menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi; membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik; menciptakan komunikasi dua arah timbal balik; serta melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan rrmum. Peranan public relations dalam organisasi dapat berupa teknisi komunikasi, penasehat ahli, pemecah masalah dan fasilitator komunikasi. Tipe penelitian ini adalahd eskriptif kualitatif denganm enggunakanm etodew awancarad an observasi. Data primer diambil melalui wawancara dan observasi, data sekunder dikumpulkan melalui literatur dan website. Wawancara dilakukan kepada manajemen untuk menyingkap peftman komunikasi manajemen dalam organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi internal organisasid an fungsi kehumasanb agi internal dilakukan oleh Bagian Sumber Daya Manusia.P eranank omunikasiy ang dilakukannyaa ktif dan efektif sebagapi emecahm asalah dan fasilitator komunikasi. Peran sebagai pemecah masalah memilih pelatihan layanan prima sebagai solusi. Pelatihan layanan prima bermanfaat dalarn memberikan peningkatan dari sisi pengetahuanm, otivasi, dank ebersamaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 10 002 |
Call Number: | SK/42/10/134 |
NIM/NIDN Creators: | 44208110039 |
Uncontrolled Keywords: | Peranan PR |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 19 Jan 2011 10:33 |
Last Modified: | 18 May 2024 06:34 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23715 |
Actions (login required)
View Item |