STRATEGI PRODUKSI PROGRAM TALK SHOW REFERENSIANA DI SUN TV (PERIODE JANUARI – FEBUARI 2010)

JAJURI, AKHMAD (2010) STRATEGI PRODUKSI PROGRAM TALK SHOW REFERENSIANA DI SUN TV (PERIODE JANUARI – FEBUARI 2010). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab V(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
Daft Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Televisi adalah kebudayaan lisan kedua yang merupakan perpanjangan dari mata dan telinga manusia. Perpanjangan ini secara psikis melahirkan tuntutan kepada para pencipta program televisi. Tuntutan ini bagi para pencipta program televisi merupakan tantangan, tidak cukup tantangan itu dihadapi dengan bekal apa adanya. Akan tetapi diperlukan banyak konsep, ide serta gagasan untuk mengembangkan daya kritis televisi menghadapi tantangan itu sehingga akan tercipta program yang baik dan diminati masyarakat. Karena itulah yang menjadi dasar tujuan penulis untuk mengetahui strategi produksi yang diterapkan dalam program Referensiana periode Januari-Febuari 2010 di SUN TV. Strategi adalah rencana yang cermat dan sistematis mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Strategi diartikan sebagai rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengangkat keunggulan untuk memastikan bahwa tujuan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat. Konsep strategi dari program Referensiana adalah live interaktif agar pemirsa di rumah dapat ikut berpartisipasi dalam program Referensiana, penempatan waktu tayang jam 13.00 WIB dirasa tepat karena dapat menjadi alternatif lain sebuah tontonan program televisi, dimana pada jam siar yang sama kebanyakan stasiun TV menayangkan Sinetron, Kuis dan News. Menampilkan VT dan testimoni agar informasi narasumber lebih informis dan flowing. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) dengan beberapa narasumber tim produksi program Referensiana, antara lain Produser, Tim Kreatif, Host, juga Cameraman dan Editor. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa proses produksi program Referensiana ini melalui 3 tahap yaitu: tahap pra produksi yang meliputi, meeting ide, perencanaan dan juga persiapan. Selanjutnya adalah tahap Produksi yang merupakan proses keseluruhan pengambilan gambar yang langsung ditayangkan karena program Referensiana adalah tayangan live dan interaktif. Tahap pasca produksi merupakan tahap untuk mengevaluasi program secara keseluruahan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 004
Call Number: SK/41/10/203
NIM/NIDN Creators: 44105110036
Uncontrolled Keywords: Strategi Produksi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Feb 2011 10:58
Last Modified: 22 May 2025 02:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23621

Actions (login required)

View Item View Item