ASPEK-ASPEK ETIKA IKLAN ESIA BISPAK

LIONARDI, RICO (2010) ASPEK-ASPEK ETIKA IKLAN ESIA BISPAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAG 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Persaingan harga antar provider atau yang lebih dikenal dengan perang tariff menuntut setiap provider untuk memberikan tariff yang paling murah dibanding dengan kompetitornya. Saat provider berlomba-lomba memberikan tariff termurah, Esia muncul dengan program Esia BisPak yang bertujuan untuk membandingkan tariff Esia dengan tariff kompetitor lainnya. Iklan televisi yang dikeluarkan Esia menjadi iklan kontroversial. Iklan ini mendapat pro dan kontra di masyarakat sehubungan dengan beberapa konten dalam iklan tersebut. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti ingin mengetahui dan membahas lebih jauh mengenai aspek-aspek etika dalam iklan Esia BisPak. Konsep dan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori periklanan secara garis besar oleh Kotler dan teori mengenai etika Immanuel Kant mengenai kehendak baik dan kesadaran moral, teori etika periklanan Thomas M Garret yang secara khusus menggagas prinsip-prinsip etika dalam mempengaruhi massa (bagi iklan) dan prinsip-prinsip etis konsumsi (bagi konsumen)., dan buku panduan Etika Periklanan Indonesia sebagai pedoman dasar teori etika peiklanan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh secara mendalam (indepth) melalui wawancara dengan pihak dari Badan Pengawas Periklanan, Pihak Esia & Bakrie Telecom, dan pihak agency kompetitor. Hasil penelitian memberikan gambaran mengenai aspek-aspek etika dalam iklan Esia BisPak berdasarkan berbagai sudut pandang teori Immanuel Kant, sudut pandang teori Thomas M Garret, sudut pandang Etika Periklanan Indonesia dan diperkuat dengan hasil wawancara dari beberapa narasumber serta memberikan pembahasan mendalam mengenai iklan Esia BisPak. Juga pembahasan mengenai perbandingan tariff Esia dengan kompetitor langsung dan kompetitor tidak langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 007
Call Number: SK/43/10/100
NIM/NIDN Creators: 44306110012
Uncontrolled Keywords: Etika Iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Feb 2011 11:05
Last Modified: 24 May 2025 02:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23619

Actions (login required)

View Item View Item