LIONARDI, RICO (2010) ASPEK-ASPEK ETIKA IKLAN ESIA BISPAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
![]() |
Text (BAG 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
Abstract
Persaingan harga antar provider atau yang lebih dikenal dengan perang tariff menuntut setiap provider untuk memberikan tariff yang paling murah dibanding dengan kompetitornya. Saat provider berlomba-lomba memberikan tariff termurah, Esia muncul dengan program Esia BisPak yang bertujuan untuk membandingkan tariff Esia dengan tariff kompetitor lainnya. Iklan televisi yang dikeluarkan Esia menjadi iklan kontroversial. Iklan ini mendapat pro dan kontra di masyarakat sehubungan dengan beberapa konten dalam iklan tersebut. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti ingin mengetahui dan membahas lebih jauh mengenai aspek-aspek etika dalam iklan Esia BisPak. Konsep dan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori periklanan secara garis besar oleh Kotler dan teori mengenai etika Immanuel Kant mengenai kehendak baik dan kesadaran moral, teori etika periklanan Thomas M Garret yang secara khusus menggagas prinsip-prinsip etika dalam mempengaruhi massa (bagi iklan) dan prinsip-prinsip etis konsumsi (bagi konsumen)., dan buku panduan Etika Periklanan Indonesia sebagai pedoman dasar teori etika peiklanan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh secara mendalam (indepth) melalui wawancara dengan pihak dari Badan Pengawas Periklanan, Pihak Esia & Bakrie Telecom, dan pihak agency kompetitor. Hasil penelitian memberikan gambaran mengenai aspek-aspek etika dalam iklan Esia BisPak berdasarkan berbagai sudut pandang teori Immanuel Kant, sudut pandang teori Thomas M Garret, sudut pandang Etika Periklanan Indonesia dan diperkuat dengan hasil wawancara dari beberapa narasumber serta memberikan pembahasan mendalam mengenai iklan Esia BisPak. Juga pembahasan mengenai perbandingan tariff Esia dengan kompetitor langsung dan kompetitor tidak langsung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 10 007 |
Call Number: | SK/43/10/100 |
NIM/NIDN Creators: | 44306110012 |
Uncontrolled Keywords: | Etika Iklan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Feb 2011 11:05 |
Last Modified: | 24 May 2025 02:37 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |