ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN BANK MANDIRI CABANG JAKARTA MEGA KUNINGAN

Meidhita, Meidhita (2010) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN BANK MANDIRI CABANG JAKARTA MEGA KUNINGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Caver.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Seiring dengan semakin kritis dan majunya masyarakat terhadap tuntutan pelayanan dibidang perbankan maka Bank Mandiri Cabang Jakarta Mega Kuningan sebagai salah satu lembaga perbankan terkemuka harus segera berbenah diri untuk segera berupaya meningkatkan pelayanan terhadap konsumen atau masyarakat. Survei yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pelanggan atau nasabah seringkali mengeluhkan kualitas layanan di Bank Mandiri Cabang Jakarta Mega Kuningan yang terkesan kurang tertata dengan baik seperti antrian yang tidak teratur, sulitnya mendapatkan informasi dan komplain terhadap fasilitas produk yang ditawarkan, tidak tersedianya fasilitas ATM yang memadai, belum adanya fasilitas parkir yang memadai dari segi luas area maupun keamanan kendaraan dan belum tersedianya loket khusus pembayaran rekening listrik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di Bank Mandiri Cabang Jakarta Mega Kuningan. Pendekatan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Service Quality (Servqual). Perhitungan nilai Servqual dilakukan dengan menghitung perbedaan antara penilaian yang dilakukan oleh konsumen terhadap pasangan pernyataan terhadap harapan dan persepsi layanan yang diterima konsumen pengguna jasa perbankan tersebut. Selanjutnya hasil analisa dengan metode Servqual digunakan untuk menyusun Strategi Pemasaran yang didasarkan pada kualitas layanan perbankan Bank Mandiri Cabang Jakarta Mega Kuningan. Dari pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 nasabah Bank Mandiri Cabang Jakarta Mega Kuningan, diketahui karakteristik atau profil nasabah Bank Mandiri Cabang Jakarta Mega Kuningan dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan dan frekuensi kunjungan per bulan. Hasil penelitian berupa karakteristik setiap segmen konsumen pengguna jasa perbankan, indikator-indikator yang diperioritaskan untuk diperbaiki yang didapat dari matriks Performance-Importance dan strategi pemasaran berdasarkan kualitas layanan perbankan. Hasil analisa servqual pada masing-masing indikator kualitas jasa Bank Mandiri Cabang Jakarta Mega Kuningan menunjukkan adanya beberapa indikator yang mendesak untuk segera ditingkatkan, yaitu indikator-indikator yang terletak pada dimensi tangible, reliability, responsiveness dan assurance. Disamping itu pengurutan terhadap lima dimensi utama kualitas jasa pada matriks performanceimportance menunjukkan bahwa kebanyakan indikator-indikator pada dimensi tangible yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan karena terletak pada kuadran I (attributes to improve). Menyikapi hal itu, perusahaan sebaiknya lebih memfokuskan sumber dayanya untuk memperbaiki atribut yang dianggap penting oleh pelanggan, namun kinerjanya dianggap tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 10 152
Call Number: SE/MJ/10/175
NIM/NIDN Creators: 43107120062
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN, BANK MANDIRI CABANG JAKARTA MEGA KUNINGAN
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 May 2010 10:54
Last Modified: 11 Dec 2025 02:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23101

Actions (login required)

View Item View Item