STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN (STUDI KASUS PADA KELURAHAN KAMAL MUARA JAKARTA UTARA)

URAN, FABIANUS BOLI (2012) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN (STUDI KASUS PADA KELURAHAN KAMAL MUARA JAKARTA UTARA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Skripsi ini menelaa realita sosial kehidupan masyarakat nelayan kelurahan Kamal Muara yang terjebak dalam kemiskinan, kesulitan akses sumber daya dan informasi kebijakan publik yang merefleksikan minimya strategi pemberdayaan masyarakat baik oleh pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, Perusahaan dan perguruan tinggi. Kajian strategi ini dilakukan di RW 01 dan 04 Kelurahan Kamal Muara terhadap masyarakat nelayan yang diwakili oleh dua Kelompok Nelayan, para istri nelayan serta pemerintah Kelurahan Kamal Muara Mendalami kajian permasalahan ini berkaitan dengan Public Relations Pemerintah Kelurahan Kamal Muara didasarkan pada teori komunikasi pembangunan, manajemen strategi, realitas sosial dan Paradigma Pemerintah sebagai Pelayan Publik serta Konsep Pemberdayaan Kajian ini menggunakan metode studi kasus di mana penulis mendalami temuantemuan melalui pengamatan langsung, wawancara, diskusi, indept interview serta studi pustaka dengan sarana bantuan berupa alat tulis, kamera, tape recorder. Hasil penelitian menunjukkan empat hal yakni pertama, ketidakjelasan design strategi PR Pemerintah, Kedua minimnya ruang komunikasi dan dialog kemitraan, ketiga, sebaran informasi berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang tidak merata dan menyeluruh dan keempat adalah rendahnya partisipasi masyarakat. Rekomendasi dari hasil penelitian ini secara teoritis adalah kajian fenomenologi sedangakan secara praktis yakni membangun media center bersama,melibatkan pihak ketiga atau mitra, mendorong keaktifan tindakan komunikasi dari pihak pemerintah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 12 073
Call Number: SK/42/12/073
NIM/NIDN Creators: 44210110017
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN (STUDI KASUS PADA KELURAH
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Dec 2012 14:30
Last Modified: 11 Jul 2025 03:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21954

Actions (login required)

View Item View Item