SUPRIADI, MUHAMMAD NUR ALIMUDDIN ALHAITAMI (2012) PERANCANGAN GRAFIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER DASAR UNTUK SISWA SD/MI KELAS 5. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1-Cover.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2-Abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3-BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pengenalan komputer kepada anak sejak dini cukup penting. Siswa‐siswi sekolah dasar rata‐rata berumur 6 s/d 12 tahun, yang berarti pelajaran harus dituntut bersifat edukatif dan tidak membuat anak jenuh. Anak yang berpendidikan Sekolah Dasar (SD) memiliki sifat suka bermain, atau hal‐hal yang menyenangkan. Para guru di sekolah dasar sering kali kesulitan menyampaikan materi pengenalan dasar bagian‐bagian komputer, karena murid kelas satu sampai dua masih berorientasi pada cara membaca yang baik dan dibutuhkan banyak questioner yang menghibur, seperti mengeja dan menulis kata. Sistem Pembelajaran dengan Media Interaktif merupakan salah satu metode pembelajaran yang sedang berkembang untuk menarik minat belajar para siswa‐siswi sekolah dasar, karena tidak hanya berisi materi tertulis saja. Pada pembelajaran tersebut siswa akan mendapat materi yang menyenangkan, karena selain materi tertulis ada suara serta ilustrasi gambar yang menghibur. Berdasarkan ciri KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan): (a) KTSP memberi kebebasan kepada tiap‐tiap sekolah untuk menyelenggarakan program pendidikan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah, kemampuan peserta didik, sumber daya yang tersedia dan kekhasan daerah; (b) Guru harus mandiri dan kreatif; (c) Guru diberi kebebasan untuk memanfaatkan berbagai metode pembelajaran. Peluang media interaktif pada perancangan yang akan dibuat untuk siswa Sekolah Dasar/MI kelas 5 adalah Menjadi alat bantu bagi guru di kelas dalam proses belajar mengajar murid untuk dapat fokus dan paham materi pelajaran yang disampaikan, Berdasarkan KTSP, bahwa siswa dituntut untuk dapat belajar mandiri. Maksud pada perancangan media interaktif yang akan dibuat ialah membantu guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas dengan perancangan media ajar yang dapat diterima siswa, menjadi media pembelajaran yang efektif untuk siswa baik di kelas maupun diluar kelas/rumah. Maksud dari perancangan tersebut terdapat tujuan sebagai hasil keluaran materi yang akan disampaikan yaitu merancang media interaktif mata pelajaran komputer dasar dengan penekanan (fokus) pada grafis interaksinya, Memahami proses perancangan media interaktif, Menyusun materi pembelajaran yang terstruktur dengan mudah dapat dipelajari, Memahami materi pengenalan bagian‐bagian komputer sesuai dengan KTSP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTPD/DES. 12 082 |
Call Number: | STSP/19/12/082 |
NIM/NIDN Creators: | 41907010092 |
Uncontrolled Keywords: | Multimedia interaktif, KTSP, Komputer, Ornamen Aceh |
Divisions: | Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 20 Oct 2012 14:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:35 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |