PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) PADA TENAGA PENJUAL

SARI, OKTAVIANA MUSTIKA (2012) PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) PADA TENAGA PENJUAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRACT.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) pada tenaga penjual, dimana dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 37 orang. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa Organizational Citizenship Behaviour (OCB) pada tenaga penjual memiliki tingkat agak rendah dengan prosentase sebesar 30% sementara untuk kepuasan kerja berada pada kecenderungan tengah di antara agak rendah dan cukup tinggi, dimana kedua tingkatan tersebut memiliki nilai yang sama yaitu sebesar 30%. Selain itu, hasil analisis regeresi sederhana menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) pada tenaga penjual, dengan nilai F hitung > F tabel dan nilai signifikasi sebesar 0,000 dimana nilai signifikasi tersebut masih berada di bawah nilai signifikasi yang ditetapkan yaitu 0,05. Dan besarnya pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) adalah sebesar 52%. Hal ini terlihat dari nilai koefisien determinasinya sebesar 0,520, sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain selain kepuasan kerja. Walaupun hasil dari penelitian ini menunjukan rendahnya Organizational Citizenship Behaviour (OCB) pada tenaga penjual, namun hal tersebut masih dapat ditingkatkan dengan cara salah satunya adalah meningkatkan kepuasan kerja pada tenaga penjual sehingga tercapai efektifitas dan efisiensi perusahaan di dalam persaingan bisnis yang tinggi guna mencapai hasil yang produktif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 12 039
Call Number: SP/61/12/039
NIM/NIDN Creators: 46107120003
Uncontrolled Keywords: kepuasaan kerja, Organizational Citizenship Behaviour (OCB)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Oct 2012 14:54
Last Modified: 27 Nov 2025 01:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21658

Actions (login required)

View Item View Item