DARMAYANTI, NURLAS (2012) AKTIVITAS KOMUNIKASI EKSTERNAL UNTUK MENARIK MINAT CALON SISWA DI PONDOK PESANTREN LA TANSA BANTEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan aktivitas komunikasi eksternal sehingga dapat melahirkan minat calon siswa untuk belajar di Pondok Pesantren La Tansa. Pondok pesantren La Tansa adalah lembaga pendidikan Islam dalam bentuk pondok pesantren, jumlah santrinya saat ini berjumlah 2478, datang berbagai daerah di Indonesia. Menurut Onong Uchjana Effendy, Komunikasi eksternal ialah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di luar organisasi. Komunikasi eksternal secara teknis lebih banyak dilakukan oleh kepala atau staf hubungan masyarakat (humas) atau Public Relations. Nara sumber yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Pesantren La Tansa, Kepala SMP La Tansa, Wali Murid, calon Wali Murid dan warga. Metode penulisan ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu dengan menggunakan teknik pengamatan, wawancara, atau penelaahan dokumen. Dari pengamatan, dan terutama hasil wawancara yang dilakukan, ditemukan bahwa aktivitas komunikasi eksternal di Pondok Pesantren La Tansa sudah dilakukan secara maksimal, sistematis dan terprogram dengan baik. Media komunikasi eksternal yang beragam; booklet, kotak surat dan saran, brosur, email, majalah, kalender, web, jejaring sosial (facebook komunitas), pertemuan tahunan wali murid dengan keluarga besar pesantren, dan pertemuan berkala wali kelas dengan wali murid cukup efektif. Jumlah murid Pondok Pesantren La Tansa yang setiap tahunnya mengalami peningkatan adalah juga salah satu fakta empirik dari hasil komunikasi eksternal yang baik. Penelitian ini kiranya dapat menjadi tambahan khazanah dalam studi komunikasi khususnya di bidang Public Relations bahwa aktivitas komunikasi eksternal yang dilakukan secara maksimal, terkelola dan terprogram oleh sebuah lembaga pendidikan akan berpengaruh terhadap perkembangan sebuah lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 116 |
Call Number: | SK/42/12/116 |
NIM/NIDN Creators: | 44209110057 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Komunikasi Eksternal Untuk Menarik Minat Calon Siswa Di Pondok Pesantren Latansa Banten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 17:41 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:18 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |