DINARISTI, PAULINA (2012) IMPLEMENTASI STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION DALAM MENGKOMUNIKASIKAN CORPORATE CULTURE 5C PADA HOTEL SANTIKA DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABTSRAK)
2. Abstraksi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka _ Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Corporate Communication memiliki peran strategis dalam upaya mengkomunikasikan informasi manajerial kepada karyawannya maka dikatakan merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari top manajemen. Demikian pula halnya dengan Corporate Communication di korporasi Kompas Gramedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran, mendiskripsikan implementasi corporate culture 5C oleh Divisi Corporate Communication Kompas Gramedia Group pada unit usaha Hotel Santika di Jakarta. Hotel Santika Jakarta salah satu anak perusahaan Kompas Gramedia bergerak di bidang jasa pelayanan hotel memiliki motto Hospitality from The Heart. Fokus kegiatan operasionalnya yaitu memberikan jasa pelayanan yang prima kepada seluruh pelanggannya dan pada akhirnya mendukung kemajuan usaha. Untuk memberikan pelayanan prima maka setiap karyawan memerlukan pedoman yang bukan hanya berfungsi sebagai panduan kerja tetapi juga menjadi bagian yang melekat erat pada seluruh karyawannya sehingga apa yang dilakukan dapat me-representasikan Hotel Santika Jakarta. Pedoman tersebut diwujudkan dalam corporate culture dimana perumusannya mengikuti Corporate Culture 5C yang ditetapkan oleh Kompas Gramedia. 5C meliputi caring, credible, competent, competitive dan customer delight yang diterjemahkan dalam seluruh aspek kegiatan Hotel Santika Jakarta. Dalam penelitian ini tipe yang digunakan adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian bersifat studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data secara primer (menyiapkan bahan wawancara), data sekunder (studi kasus dan dokumentasi) dan nara sumber. Definisi konsepnya meliputi strategi komunikasi, corporate communication dan corporate culture. Sedangkan fokus penelitian meliputi komponen strategi komunikasi yang mengacu pada teori yang disampaikan oleh Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy meliputi menganalisa sasaran khalayak, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan komunikasi dan peran komunikator dalam komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Santika Jakarta dan Corporate Communication mempertimbangkan ke-4 komponen dalam menyusun strategi komunikasi sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 110 |
Call Number: | SK/42/12/110 |
NIM/NIDN Creators: | 44210110139 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Strategi Corporate Communication Dalam Mengkomunikasikan Corporate Culture 5C Pada Hote |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 16:42 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |