TOKOH PAHLAWAN SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM PERANCANGAN GRAFIS KARTU PERMAINAN EDUKATIF

PUTRA, VICKY MUHARIANDY (2012) TOKOH PAHLAWAN SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM PERANCANGAN GRAFIS KARTU PERMAINAN EDUKATIF. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK'.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

. Kartu edukasi adalah sebuah kartu yang didalamnya terdapat sebuah materi suatu pembelajaran dan dapat dimainkan dengan mudah agar materi yang ada didalamnya dapat diingat oleh yang memainkannya. Selain itu kartu edukasi dibuat dengan menggunakan gambar-gambar yang unik dan diberikan keterangan sesuai dengan gambar tokohnya. Keterangan itulah yang berisi materi dan dapat dibaca oleh pemainnya . Perancangan kartu permainan edukasi ini dimaksudkan untuk mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan Indonesia kepada anak-anak. Agar anak-anak dapat tumbuh jiwa nasionalis mereka dan cinta terhadap tokoh pahlawan Indonesia penggayaan teknik vektor dan juga melalui eksplorasi motif-motif batik. Kartu edukasi ini mengusung tema tentang tokoh-tokoh pahlawan Indonesia. Kartu ini mengenalkan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia kepada anak-anak. Selain itu kartu edukasi ini juga berisi keterangan seputar gambar yang terdapat pada kartu. Gambar yang terdapat pada kartu, bukan gambar poster yang sering di tempel pada ruangan kelas, tetapi di desain ulang tanpa merubah ciri karakter dari tokoh pahlawan aslinya. Selain itu kartu ini juga dapat dijadikan sebagai koleksi. Kartu ini juga disertakan instruksi tentang cara bermain dengan kartu ini, sehingga tidak membingungkan anak-anak untuk memainkannya. Terdapat keterangan tentang profi tokoh pahlawan sehingga anak-anak yang memainkannya dapat mengetahui dan mengingat nama tokoh-tokoh pahlawannya

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTPD/DES. 12 054
Call Number: STSP/19/12/054
NIM/NIDN Creators: 41907010021
Uncontrolled Keywords: Tokoh Pahlawan, Sumber Inspirasi, Perancangan, Grafis Kartu, Permainan Edukatif
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Aug 2012 16:31
Last Modified: 10 Jul 2025 06:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21111

Actions (login required)

View Item View Item