MASYITOH, NURUL (2012) OPINI KARYAWAN UNIVERSITAS SAHID JAKARTA TERHADAP BULLETIN “USAHID NEWS” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Universitas Sahid merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang bercirikan kewirausahaan dan pariwisata yang sudah berdiri sejak tahun 1988. Saat ini komunikasi internal di Universitas Sahid dalam bentuk media internal masih belum terlihat keefektifannya terhadap pengetahuan karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terpaan “Usahid News” sebagai media komunikasi internal terhadap pengetahuan karyawan di Universitas Sahid Jakarta. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori efektivitas komunikasi yang diukur dengan enam kriteria, yaitu: penerima atau pemakai (recicer or user), isi pesan (content), ketepatan waktu (timing), media komunikasi (media), format (format), sumber pesan (source). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan sifat deskriptif, dimana peneliti disini tidak mencari atau menjelaskan hubungan dan juta tidak menguji hipotesa. Penulis mendeskripsikan dan melukiskan variabel demi variabel, satu demi satu obyek dan subyek penelitian. Metode yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, dimana data akan diolah untuk memperoleh informasi tertentu. Penarikan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan seluruh karyawan Universitas Sahid sebanyak 69 orang menjadi respondennya. Hasil penelitian yang diperoleh dari setiap masing-masing dimensi yaitu, dimensi isi media hasilnya adalah “sangat positif”, dimensi ketepatan waktu menunjukkan sikap “sangat positif”, dimensi media hasilnya juga “sangat positif”, dimensi format kemasan media hasilnya “sangat positif”, dan dimensi sumber media hasilnya “positif”. Berdasarkan hasil penelitian dari masing-masing dimensi tersebut maka keseluruhannya dapat disimpulkan bahwa media komunikasi internal “Usahid News” efektif dalam penyebarannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 085 |
Call Number: | SK/42/12/085 |
NIM/NIDN Creators: | 44209110129 |
Uncontrolled Keywords: | KOMUNIKASI INTERNAL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 16:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 02:52 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |