SURYAWATI, BETY (2012) REPRESENTASI DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA DALAM MEDIA (Analisa Semiotik Tayangan Bedah Editorial Media Indonesia Berjudul "Ironi Membengkaknya Anggaran Pendidikan" Yang Ditayangkan di Metro TV). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama kemajuan suatu bangsa yang semestinya menjadi perhatian pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Televisi sebagai media karya jurnalistik yang memiliki ciri: skeptis, bertindak, berubah, seni, profesi, serta peran pers, menampilkan fenomena dunia pendidikan Indonesia yang kurang diperhatikan bahkan terdapat penyelewengan dalam pengaturannya. Sehingga menjadi motivasi penulis untuk melakukan penelitian berjudul ”Representasi Dunia Pendidikan Indonesia dalam Media” untuk mengetahui gambaran dunia pendidikan Indonesia melalui media. Penelitian ini mengambil program tayangan Bedah Editorial Media Indonesia berjudul “Ironi Membengkaknya Anggaran Pendidikan’’ yang ditayangkan di Metro TV” pada tanggal 25 Maret 2009 sebagai unit analisa, serta memfokuskan pengintrepretasian pada aspek vidio (yang meliputi object gambar, angle pengambilan gambar, ukuran pengambilan gambar) dan aspek audio (yang meliputi text atau apa yang disampaikan, cara penyampaian, dan back sound) menggunakan metode penelitian Semiotika Ferdinan de Saussure. Dari hasil penelitian intrepretasi simbol-simbol yang ditampilkan menggunakan metode analisa Semiotika Ferdinan de Saussure, dalam tayangan ini jelas tergambar sebuah kondisi pendidikan yang sangat memprihatikan. Program peningkatkan mutu layanan pendidikan yang bermasalah karena buruknya kinerja pemerintah dalam menjalankan program ini, mengorbankan para siswa dan guru. Sehingga menggangu bahkan menghentikan proses belajar mengajar. Diharapakan penelitian ini dapat menjadi koreksi bagi pemerintah untuk lebih meningkatkan kinerja dalam menciptakan kondisi pendidikan yang lebih baik, serta menindak tegas kasus penyelewengan yang terjadi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 12 093 |
Call Number: | SK/41/12/093 |
NIM/NIDN Creators: | 44108110054 |
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Dunia Pendidikan Indonesia, Analisa Semiotik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 13:24 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 06:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |