REPRESENTASI DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA DALAM MEDIA (Analisa Semiotik Tayangan Bedah Editorial Media Indonesia Berjudul "Ironi Membengkaknya Anggaran Pendidikan" Yang Ditayangkan di Metro TV)

SURYAWATI, BETY (2012) REPRESENTASI DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA DALAM MEDIA (Analisa Semiotik Tayangan Bedah Editorial Media Indonesia Berjudul "Ironi Membengkaknya Anggaran Pendidikan" Yang Ditayangkan di Metro TV). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Pendidikan merupakan pilar utama kemajuan suatu bangsa yang semestinya menjadi perhatian pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Televisi sebagai media karya jurnalistik yang memiliki ciri: skeptis, bertindak, berubah, seni, profesi, serta peran pers, menampilkan fenomena dunia pendidikan Indonesia yang kurang diperhatikan bahkan terdapat penyelewengan dalam pengaturannya. Sehingga menjadi motivasi penulis untuk melakukan penelitian berjudul ”Representasi Dunia Pendidikan Indonesia dalam Media” untuk mengetahui gambaran dunia pendidikan Indonesia melalui media. Penelitian ini mengambil program tayangan Bedah Editorial Media Indonesia berjudul “Ironi Membengkaknya Anggaran Pendidikan’’ yang ditayangkan di Metro TV” pada tanggal 25 Maret 2009 sebagai unit analisa, serta memfokuskan pengintrepretasian pada aspek vidio (yang meliputi object gambar, angle pengambilan gambar, ukuran pengambilan gambar) dan aspek audio (yang meliputi text atau apa yang disampaikan, cara penyampaian, dan back sound) menggunakan metode penelitian Semiotika Ferdinan de Saussure. Dari hasil penelitian intrepretasi simbol-simbol yang ditampilkan menggunakan metode analisa Semiotika Ferdinan de Saussure, dalam tayangan ini jelas tergambar sebuah kondisi pendidikan yang sangat memprihatikan. Program peningkatkan mutu layanan pendidikan yang bermasalah karena buruknya kinerja pemerintah dalam menjalankan program ini, mengorbankan para siswa dan guru. Sehingga menggangu bahkan menghentikan proses belajar mengajar. Diharapakan penelitian ini dapat menjadi koreksi bagi pemerintah untuk lebih meningkatkan kinerja dalam menciptakan kondisi pendidikan yang lebih baik, serta menindak tegas kasus penyelewengan yang terjadi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 12 093
Call Number: SK/41/12/093
NIM/NIDN Creators: 44108110054
Uncontrolled Keywords: Representasi, Dunia Pendidikan Indonesia, Analisa Semiotik
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 25 Jul 2012 13:24
Last Modified: 23 Aug 2025 06:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item View Item