STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING RANCH MARKET DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PERIODE 2011

PASARIBU, PUTRI MEILANI (2012) STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING RANCH MARKET DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PERIODE 2011. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Keberadaan pelanggan sangatlah penting mengingat aktivitas dari bisnis supermarket adalah melakukan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Pelanggan menjadi tujuan akhir sekaligus aset bagi perusahaan, dan omset perusahaan diperoleh dari belanja pelanggan. Disamping itu, perkembangan bisnis supermarket yang cukup signifikan beberapa tahun belakangan ini telah memicu terjadinya persaingan yang cukup ketat khususnya dalam mendapatkan pelanggan yang loyal. Sebagai salah satu supermarket, Ranch Market menghadapi persaingan di sektor usaha tersebut. Demi mempertahankan pelanggannya, Ranch Market merasa perlu untuk melakukan Customer Retention Marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Customer Retention Marketing Ranch Market dalam mempertahankan pelanggan periode 2011. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori IDIC (Identification, Differentiation, Interaction dan Customization), recency of purchase-frequency of purchase-monetary of purchase (RFM), dan pelayanan kepada pelanggan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Peneliti menyajikan gambaran maupun uraian mengenai strategi Customer Retention Marketing sebagaimana adanya yang didapatkan dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Customer Retention Marketing Ranch Market adalah dengan melakukan identifikasi pelanggan, diferensiasi pelanggan, interaksi pelanggan, customized produk dan servis (IDIC), mengetahui pelanggan loyal berdasarkan recency of purchase-frequency of purchase-monetary of purchase (RFM), dan melakukan pelayanan serta pelatihan pegawai untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, demi mempertahankan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 12 028
Call Number: SK/43/12/028
NIM/NIDN Creators: 44308010057
Uncontrolled Keywords: Strategi Costumer, Retention Marketing, Ranch Market, 2011
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Jul 2012 12:41
Last Modified: 23 Jun 2025 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20916

Actions (login required)

View Item View Item