PASARIBU, PUTRI MEILANI (2012) STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING RANCH MARKET DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PERIODE 2011. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf Download (47kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
Abstract
Keberadaan pelanggan sangatlah penting mengingat aktivitas dari bisnis supermarket adalah melakukan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Pelanggan menjadi tujuan akhir sekaligus aset bagi perusahaan, dan omset perusahaan diperoleh dari belanja pelanggan. Disamping itu, perkembangan bisnis supermarket yang cukup signifikan beberapa tahun belakangan ini telah memicu terjadinya persaingan yang cukup ketat khususnya dalam mendapatkan pelanggan yang loyal. Sebagai salah satu supermarket, Ranch Market menghadapi persaingan di sektor usaha tersebut. Demi mempertahankan pelanggannya, Ranch Market merasa perlu untuk melakukan Customer Retention Marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Customer Retention Marketing Ranch Market dalam mempertahankan pelanggan periode 2011. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori IDIC (Identification, Differentiation, Interaction dan Customization), recency of purchase-frequency of purchase-monetary of purchase (RFM), dan pelayanan kepada pelanggan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Peneliti menyajikan gambaran maupun uraian mengenai strategi Customer Retention Marketing sebagaimana adanya yang didapatkan dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Customer Retention Marketing Ranch Market adalah dengan melakukan identifikasi pelanggan, diferensiasi pelanggan, interaksi pelanggan, customized produk dan servis (IDIC), mengetahui pelanggan loyal berdasarkan recency of purchase-frequency of purchase-monetary of purchase (RFM), dan melakukan pelayanan serta pelatihan pegawai untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, demi mempertahankan pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 12 028 |
Call Number: | SK/43/12/028 |
NIM/NIDN Creators: | 44308010057 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Costumer, Retention Marketing, Ranch Market, 2011 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 12:41 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |