MUHRAZI, DEDI (2012) PENGGAMBARAN NILAI - NILAI EDUKASI DALAM FILM DENIAS SENANDUNG DI ATAS AWAN". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf Download (79kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
Abstract
Pendidikan nasional adalah suatu sistem pendidikan yang dilandaskan dan dijiwai oleh falsafah hidup suatu bangsa dan tujuannya bersifat mengabdi kepada kepentingan dan cita-cita nasional bangsa tersebut. Pendidikan di Indonesia masih milik kaum yang berada, kaum yang miskin dan biasanya ada di daerah seolah tidak berhak mengenyam pendidikan. Padahal menurut film ini, pendidikan adalah salah satu cara untuk merubah hidup manusia. Film Denias “Senandung Di Atas Awan” ini bercerita tentang perjuangan tentang seorang anak petani pedalaman Arwanop di Papua yang berusaha keras untuk mendapatkan pendidikan yang layak di kota. Berbekal semangat belajarnya yang tinggi Denias pun berusaha untuk mendapatkan pendidikan di daerah Timika yang mempunyai sarana dan prasarana yang lebih memadai.setelah sampai di tempat tersebut, ternyata sekolah tersebut hanya menerima anak kepala suku dan anak dari suku – suku sekitar sekolah tersebut. Film adalah karya seni, yang diproduksi secara kreatif dan memenuhi imajinasi orang-orang yang bertujuan memperoleh estetika (keindahan) yang sempurna. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini dari jenis-jenis pendidikan yang terdiri dari Pendidikan yang diselenggarakan oleh departemen P dan K, Jenis menurut penyelenggara, jenis menurut tingkah, jenis menurut lapangan, undang-undang, dan pasal. Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengaji tanda. Tanda-tanda adalah perangkat yang kita pakai dalam upaya berusaha mencari jalan di dunia ini, di tengahtengah manusia dan bersama-sama manusia. Penelitian ini menggunakan teori Peirce melihat subjek sebagain bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses signifikasi. Model Triadic Peirce tanda dalam pandangan Peirce selalu berada dalam proses perubahan tanpa henti yang disebut proses semiosis tak terbatas (unlimitied semiosis), yaitu proses penciptaan rangkain interpretan tanpa akhir. Model Triadic Peirce ini memperhatikan tiga elemen utama pembentuk tanda, yaitu representamen ( sesuatu yang merepresentasikan sesuatu yang lain), objek (sesuatu yang direpresentasikan) dan intepretan (interpretasi seseorang tentang tanda). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam film denias sangatlah kuat dan tinggi sehingga dapat membuat para audiens yang menonton akan mengerti dari isi film itu. Di film ini, menggambarkan tentang keadaan pendidikan yang berada di Papua bahwa disana masih kekurangan fasilitas dan guru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 12 092 |
Call Number: | SK/41/12/092 |
NIM/NIDN Creators: | 44108010204 |
Uncontrolled Keywords: | NILAI - NILAI EDUKASI, FILM |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 23 Jul 2012 15:35 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 06:40 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |