REPRESENTASI PARODI IKLAN TELEVISI DENGAN ENDORSER SULE DALAM PERSAINGAN ANTAR PROVIDER XL DAN KARTU AS

ESMERALDA, NOVITA (2012) REPRESENTASI PARODI IKLAN TELEVISI DENGAN ENDORSER SULE DALAM PERSAINGAN ANTAR PROVIDER XL DAN KARTU AS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 - Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 - Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Persaingan antar sesama brand produk sejenis dalam iklan memang sudah ada sejak lama, yang dibatasi oleh aturan norma tentang tata krama beriklan. Hal ini tidak diindahkan oleh para pengiklan perusahaan provider, khususnya brand XL dan Kartu As, mengakibatkan semakin menjamurnya salah satu perilaku negatif yang membentuk suatu kebiasaan baru, yaitu kebiasaan mengejek. Tak bisa dipungkiri bahwa memang kebiasaan mengejek ini semakin disenangi khalayak setelah diangkat oleh media, termasuk dalam penelitian ini berupa iklan di televisi. Dikemas membentuk suatu parodi iklan beraroma jenaka agar cepat merasuk ke ingatan khalayak sebagai target para pengiklan. Semua penggambaran parodi iklan-iklan televisi tersebut merupakan tanda-tanda yang dapat dikaitkan dengan berbagai makna di baliknya merambah pada sisi persaingan kedua brand tersebut. Melalui analisis dengan menggunakan teori unsur makna dari Ferdinand de Saussure, peneliti melihat budaya mengejek yang cukup kental. Iklan-iklan ini cukup memperlihatkan adu perang terbuka antara brand XL dan Kartu As terhadap masyarakat Indonesia. Parodi iklan juga turut merambah ke sisi Etika Pariwara Indonesia. Hal ini mengupas adanya suatu persaingan yang cukup sengit di dalamnya, karena kedua brand sama-sama menawarkan produknya dengan harga yang relatif murah untuk menjawab keinginan konsumen dalam hal berkomunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 12 027
Call Number: SK/43/12/027
NIM/NIDN Creators: 44308010058
Uncontrolled Keywords: Persaingan Antar Provider XL, Kartu ASF
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Jul 2012 12:25
Last Modified: 23 Jun 2025 02:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item