KOMODIFIKASI GAYA HIDUP DALAM DRAMA KOREA“BOYS BEFORE FLOWERS”

SAFITRI, DEVI (2012) KOMODIFIKASI GAYA HIDUP DALAM DRAMA KOREA“BOYS BEFORE FLOWERS”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.Hal Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Media massa baik cetak maupun elektronik dalam penyebaran arus informasinya tidak naik begitu saja, banyak konten yang tersedia adalah hasil konstruksi dari kewenangan awak media. Isi media ketika akan dibedah, maka terdapat berbagai kerangka bagaimana informasi itu ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komodifikasi gaya hidup dalam drama korea Boys Before Flowers. Setiap media massa tentu memiliki cara untuk menarik perhatian penontonya. Kesukaan masyarakat pada sebuah drama korea atau sinetron membuat media masuk ranah gaya hidup yang dekat dengan kehidupan masyarakat. Media massa mengeksploitasi gaya hidup sedemikian rupa sehingga Sehingga menjadi komoditi yang sedikit demi sedikit menghilangkan realitas lama gaya hidup menjadi realitas yang baru. Drama korea merupakan sebuah sinetron yang menceritakan sebuah kisah dengan berbagai macam konflik didalamnya.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komodifikasi Vincent Misco,yang mentranformasikan nilai guna menjadi nilai tukar dalam media massa. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes yakni suatu metode yang membongkar komodifikasi sebuah makna dan ideologi pada sebuah drama korea melalui sebuah tanda, tahap-tahap pembongkaran komodifikasi melalui pesan linguistik, ikonik terkodekan dan ikonik tak terkodekan. Penelitian ini berfokus pada visual dan audio visual dari drama Boys Before Flowers episode ke-5 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada sebuah komodifikasi yang dilakukan media massa ketika mereka memproduksi sebuah drama. Mereka memanfaatkan apa yang sedang disukai oleh masyarakat kemudian memodifikasinya dengan cerita gaya hidup yang berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyatan. Media massa tidak peduli apakah hal tersebut akan mempengaruhi penonton atau tidak. Karena pada dasarnya tujuan utama media massa adalah sebuah ideologi kapitalisme.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 12 084
Call Number: SK/41/12/084
NIM/NIDN Creators: 44108010091
Uncontrolled Keywords: Boys Before Flowers
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Jul 2012 11:52
Last Modified: 23 Aug 2025 07:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20861

Actions (login required)

View Item View Item