SAFITRI, DEVI (2012) KOMODIFIKASI GAYA HIDUP DALAM DRAMA KOREA“BOYS BEFORE FLOWERS”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1.Hal Cover.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
Abstract
Media massa baik cetak maupun elektronik dalam penyebaran arus informasinya tidak naik begitu saja, banyak konten yang tersedia adalah hasil konstruksi dari kewenangan awak media. Isi media ketika akan dibedah, maka terdapat berbagai kerangka bagaimana informasi itu ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komodifikasi gaya hidup dalam drama korea Boys Before Flowers. Setiap media massa tentu memiliki cara untuk menarik perhatian penontonya. Kesukaan masyarakat pada sebuah drama korea atau sinetron membuat media masuk ranah gaya hidup yang dekat dengan kehidupan masyarakat. Media massa mengeksploitasi gaya hidup sedemikian rupa sehingga Sehingga menjadi komoditi yang sedikit demi sedikit menghilangkan realitas lama gaya hidup menjadi realitas yang baru. Drama korea merupakan sebuah sinetron yang menceritakan sebuah kisah dengan berbagai macam konflik didalamnya.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komodifikasi Vincent Misco,yang mentranformasikan nilai guna menjadi nilai tukar dalam media massa. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes yakni suatu metode yang membongkar komodifikasi sebuah makna dan ideologi pada sebuah drama korea melalui sebuah tanda, tahap-tahap pembongkaran komodifikasi melalui pesan linguistik, ikonik terkodekan dan ikonik tak terkodekan. Penelitian ini berfokus pada visual dan audio visual dari drama Boys Before Flowers episode ke-5 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada sebuah komodifikasi yang dilakukan media massa ketika mereka memproduksi sebuah drama. Mereka memanfaatkan apa yang sedang disukai oleh masyarakat kemudian memodifikasinya dengan cerita gaya hidup yang berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyatan. Media massa tidak peduli apakah hal tersebut akan mempengaruhi penonton atau tidak. Karena pada dasarnya tujuan utama media massa adalah sebuah ideologi kapitalisme.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 12 084 |
Call Number: | SK/41/12/084 |
NIM/NIDN Creators: | 44108010091 |
Uncontrolled Keywords: | Boys Before Flowers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 11:52 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 07:15 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |