KOMODIFIKASI NILAI PERSAHABATAN DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA

JAYANTI, RISQI INAYAH DWI (2012) KOMODIFIKASI NILAI PERSAHABATAN DALAM FILM RUMAH TANPA JENDELA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persahabatan adalah perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Nilai persahabatan sering kali di gunakan dalam industri untuk meraih keuntungan. Contohnya seperti film Rumah Tanpa Jendela ini mengetengahkan komodifikasi nilai persahabatan. Hal ini membuat penulis tertarik menganalisa skenario yang berhubungan dengan nilai persahabatan yang mengandung komodifikasi. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana nilai komodifikasi dalam film Rumah Tanpa Jendela. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana kritis yakni suatu metode yang mengungkap bagaimana Komodifikasi Nilai Persahabatan Dalam Film Rumah Tanpa Jendela Teori wacana yang digunakan adalah teori Teun Van Djik yang ditekankan pada dimensi Teks. Hasil penelitian yang dilakukan penulis memperoleh kesimpulan unsur komodifikasi yang berhubungan dengan nilai caeat mental si kaya yang bermain dengan si miskin, nilai yang di komodifikasikan tentang persahabatan perbedaan status sosial, sikap atau perilaku si kaya (Aldo) senang membantu Rara menjadi sebuah komodifikasi. nilai persahabatan bukan lagi ditempatkan sebagai sebuah pelengkap saja melainkan sebuah kebutuhan primer manusia yang dapat dipengaruhi dengan mudahnya, tetapi hal ini justru dijadikan sebagai alat pencapaian tujuan untuk mendatangkan profit. Adanya keyakinan umum di sebagian masyarakat kita yang menyatakan bahwa televisi swasta sebagai industri kapitalisme yang lebih mengutamakan sebuah keuntungan semata, terbukti dari hasil penelitian ini penyandang cacat yang hidup berlebihan tetap saja membutuhkan sebuah persahabatan yang sempurna, demi mendapatkan persahabatan itu tidak mesti dalam status level yang sama dalam hal materi maupun kesempurnaan fisik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 12 082
Call Number: SK/41/12/082
NIM/NIDN Creators: 44108010198
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Jul 2012 12:45
Last Modified: 23 Aug 2025 07:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20853

Actions (login required)

View Item View Item