PERAN PEMBERITAAN TELEVISI DALAM MEMPOPULERKAN BATIK SEBAGAI WARISAN BUDAYA INDONESIA OLEH UNESCO BAGI UNIVERSITAS MERCU BUANA

HERLINDA, HERLINDA (2012) PERAN PEMBERITAAN TELEVISI DALAM MEMPOPULERKAN BATIK SEBAGAI WARISAN BUDAYA INDONESIA OLEH UNESCO BAGI UNIVERSITAS MERCU BUANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA & lAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini memicu perkembangan dunia penyiaran khususnya televisi, karena khalayak dapat memilih tayangan yang pas dan sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan mereka melalui tayangan televisi. Salah satu contohnya adalah berita karena dianggap dapat memberikan informasi dan referensi pengetahuan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian yang diangkat adalah Bagaimana peran pemberitaan televisi dalam mempopulerkan batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO Bagi Universitas Mercu Buana. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini hanya melaporkan situasi atau peristiwa tanpa membuat prediksi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (Case study) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (In-Dept Inteview). Konsep inti yang diambil untuk penelitian ini adalah perkembangan batik yang dimulai dari budaya lokal dengan pemasaran secara glokalisasi ditengah globalisasi budaya sehingga dapat pula memicu adanya globalisasi batik yaitu mendunianya batik yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia umumnya terlebih setelah adanya pengesahan UNESCO pada 2 Oktober 2009 silam. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa peran pemberitaan dalam mempopulerkan batik sebagai warisan budaya Indonesia di Universitas Mercu Buana sangat berperan penting karena mampu melatarbelakangi dibuatnya peraturan penggunaan batik tersebut di samping budaya kerja Rektor dalam pelaksanaan kearifan lokal UMB. Peneliti menyimpulkan bahwa peran pemberitaan televisi mengenai batik tersebut memiliki andil sebagai latarbelakang dalam mempopulerkan batik di UMB, selain itu peraturan ini juga memerlukan sosialisasi, respons dan dukungan dalam penerapannya, kemudian sanksi bagi yang melanggar. Dan yang terpenting adalah dari peraturan ini juga memiliki tujuan dan manfaat positif bagi seluruh orang yang terkait dengan Universitas Mercu Buana, khususnya Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 12 077
Call Number: SK/41/12/077
NIM/NIDN Creators: 44108010376
Uncontrolled Keywords: Peran Pemberitaan Televisi, batik, UNESCO
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Jun 2012 12:40
Last Modified: 23 Aug 2025 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20812

Actions (login required)

View Item View Item