HERLINDA, HERLINDA (2012) PERAN PEMBERITAAN TELEVISI DALAM MEMPOPULERKAN BATIK SEBAGAI WARISAN BUDAYA INDONESIA OLEH UNESCO BAGI UNIVERSITAS MERCU BUANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA & lAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini memicu perkembangan dunia penyiaran khususnya televisi, karena khalayak dapat memilih tayangan yang pas dan sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan mereka melalui tayangan televisi. Salah satu contohnya adalah berita karena dianggap dapat memberikan informasi dan referensi pengetahuan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian yang diangkat adalah Bagaimana peran pemberitaan televisi dalam mempopulerkan batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO Bagi Universitas Mercu Buana. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini hanya melaporkan situasi atau peristiwa tanpa membuat prediksi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (Case study) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (In-Dept Inteview). Konsep inti yang diambil untuk penelitian ini adalah perkembangan batik yang dimulai dari budaya lokal dengan pemasaran secara glokalisasi ditengah globalisasi budaya sehingga dapat pula memicu adanya globalisasi batik yaitu mendunianya batik yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia umumnya terlebih setelah adanya pengesahan UNESCO pada 2 Oktober 2009 silam. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa peran pemberitaan dalam mempopulerkan batik sebagai warisan budaya Indonesia di Universitas Mercu Buana sangat berperan penting karena mampu melatarbelakangi dibuatnya peraturan penggunaan batik tersebut di samping budaya kerja Rektor dalam pelaksanaan kearifan lokal UMB. Peneliti menyimpulkan bahwa peran pemberitaan televisi mengenai batik tersebut memiliki andil sebagai latarbelakang dalam mempopulerkan batik di UMB, selain itu peraturan ini juga memerlukan sosialisasi, respons dan dukungan dalam penerapannya, kemudian sanksi bagi yang melanggar. Dan yang terpenting adalah dari peraturan ini juga memiliki tujuan dan manfaat positif bagi seluruh orang yang terkait dengan Universitas Mercu Buana, khususnya Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana itu sendiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 12 077 |
Call Number: | SK/41/12/077 |
NIM/NIDN Creators: | 44108010376 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Pemberitaan Televisi, batik, UNESCO |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Jun 2012 12:40 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 07:41 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |