STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PT.TELKOM DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN ASTINET 2011-2012

PUTRI, ANGGITA WIRA (2012) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PT.TELKOM DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN ASTINET 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelanggan merupakan aspek yang sangat penting dari sebuah bisnis. Mereka memiliki peranan penting bagi kelangsungan suatu perusahaan. PT.Telekomunikasi Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi. Sebagai perusahaan jasa, menjalin hubungan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting, karena semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berorientasi kepada pelanggan. Berkaitan dalam mengahadapi persaingan di bidang bisnis telekomunikasi berbasis jaringan internet yang semakin berkompetisi saat ini, PT.Telkom BSD perlu melaksanakan Strategi Customer Relationship Management dengan fokus pada perawatan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan Astinetnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Customer Relationship Management di PT.Telkom Indonesia khususnya wilayah BSD dalam mempertahankan pelanggan Astinetnya. Konseptual pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi sebagai bagian dari komunikasi pemasaran, customer relationship management yang meliputi strtategi CRM dan klasifikasi pengelompokan pelanggan, serta loyalitas pelanggan yang terdiri dari karakteristik pelanggan loyal dan mengunci loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dan sifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana tekhnik pengumpulan data melalui wawancara berstruktur. Penulis menyajikan gambaran perencanaan dan pelaksanaan strategi customer retention management sebagaimana adanya yang didapatkan dari lokasi penelitian. Hasil penelitian ini membahas perencanaan dan pelaksanaan customer retention management di PT.Telkom BSD. Guna untuk mempertahankan pelanggan Astinet maka PT.Telkom melakukan perencanaan CRM dengan analisa kompetitor dan penentuan target pelanggan Astinet dan melaksanakan CRM dalam bentuk program retensi dengan memberikan servis-servis seperti help desk, SLG, Webhosting-email, visiting & gathering. Serta melakukan evaluasi setiap tahun untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dari Astinet.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 12 020
Call Number: SK/43/12/020
NIM/NIDN Creators: 44308010047
Uncontrolled Keywords: STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, LOYALITAS PELANGGAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2012 17:26
Last Modified: 25 Jun 2025 06:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20808

Actions (login required)

View Item View Item