SIAGIAN, RATNA JUITA (2012) EFEKTIVITAS MEDIA INTRANET PT CIKARANG LISTRINDO DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PEKERJAAN KEPADA KARYAWAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
1. HAL COVER.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
Abstract
Wilber Schramm menyatakan ” the condition of succes in communication” salah satunya adalah pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa dengan menggunakan tanda-tanda yang dapat dimengerti oleh komunikan dan komunikator sehingga dapat membangkitkan kebutuhan. Menurut Michael R Wijela ” Intranet adalah jaringan ( informasi ) internal perusahaan yang menggunakan arsitektur protocol dan aplikasi yang sama seperti internet” yang artinya dapat mempermudah dan mempercepat pertukaran informasi antar Departemen dalam suatu organisasi. PT Cikarang Listrindo, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan suplai listrik pada kawasan industri Cikarang Bekasi. Berdiri sejak tahun 1993 dan mempunyai 5 daerah layanan distribusi penyaluran tenaga listrik. Pelanggan PT Cikarang Listrindo adalah perusahaan-perusahaan Multinasional dan juga Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana efektivitas media intranet PT Cikarang Listrindo dalam penyampaian informasi pekerjaan kepada karyawan. Penulis menggunakan teori komunikasi organisasi, dimana keefektifan sebuah komunikasi berhubungan dengan penggunaan media informasi (intranet perusahaan). Selain pengemasan pesan yang tepat faktor lainnya yang juga mempengaruhi keefektifan pesan adalah media yang digunakan sebagai pertukaran informasi. Dengan berubahnya teknologi, sudah menjadi keharusan bahwa pemberian informasi harus secara sistematis, akurat dan tepat waktu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun operasionalisasi konsep yang diukur adalah dari Dimensi publisitas, universalitas, proses pertukaran informasi, pendistribusian informasi dan isi pesan yang disampaikan. Metode pengumpulan data adalah dengan kuisioner terhadap karyawan Departemen Marketing dan Distribusi PT Cikarang Listrindo yang berjumlah 40 orang. Data dihitung dengan menggunakan skala Likert. Secara umum dalam penelitian hasil yang ditunjukkan setelah diolah menunjukkan bahwa nilai media informasi”Intarnet Perusahaan” diatas quartil 3. Dalam metode LSR, kondisi tersebut menunjukkan bahwa Intranet Perusahaan tersebut sangat efektif untuk dijalankan di PT Cikarang Listrindo. Disarankan kepada pihak PT Cikarang Listrindo untuk lebih memperhatikan jaringan lokal Intranet dan ju
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 041 |
Call Number: | SK/42/12/041 |
NIM/NIDN Creators: | 44205110001 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 17 Apr 2012 15:36 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:11 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |