PENGARUH PELAYANAN GERAI SENTRA PELAYANAN MASYARAKAT POLDA METRO JAYA TEHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MALL BLOK M SQUARE JAKARTA SELATAN

PUTRI, SELVIA MAHA (2012) PENGARUH PELAYANAN GERAI SENTRA PELAYANAN MASYARAKAT POLDA METRO JAYA TEHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MALL BLOK M SQUARE JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)

Abstract

Public Relations pada perkembangannya tidak hanya terbatas sebagai satu profesi tetapi juga sebuah fungsi yang dapat diterapkan pada berbagai profesi guna mencapai komunikasi yang terpadu antara perusahaan atau organisasi dengan khalayaknya. Salah satu profesi yang dapat menerapkan fungsi Public relations, adalah Customer Relations, dan hal ini diterapkan oleh Polda Metro Jaya. Adapun permasalahan pada penelitian ini adalah pudarnya rasa aman masyarakat, gangguan keamanan dan tindak kejahatan secara umum masih belum tertanganinya secara serius masalah keriminalitas, termasuk di pusat perbelanjaan salah satunya di Blok M Square, para pengunjung tetap tidak pernah tahu persis seberapa besar sebetulnya ancaman kejahatan yang ada untuk itu peneliti ingin melihat seberapa besar Pelayanan Gerai Sentra pelayanan Masyarakat dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Sebagaimana diketahui bahwa pelayanan juga dibutuhkan komunikasi yang terencana dan terpadu. Tinjauan pustaka yang digunakan teori dari parasuraman mengenai jenis jasa yang terdiri dari 5 dimensi pokok untuk menentukan kualitas jasa yaitu produk-produk fisik (Tangibles), keandalan (Reliability), daya Tanggap (Responsibility), jaminan (Assurances), dan empati (Emphaty). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan populasi para pengunjung Gerai sentra pelayanan masyarakat di mall blok M square periode 2011 sebanyak 312 orang. Metode yang digunakan untuk menarik sample adalah dengan menggunakan rumus Yamane, dan teknik pengambilan sample yaitu menggunakan teknik Proposif sampling dimana sampel yang diambil adalah orang-orang tertentu yang dianggap mewakili statistik. Dengan jumlah sample sebanyak 76 orng. Teknik pengumpilan yang digunakan adalah melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh Gerai sentra pelayanan masyarakat dapat mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen terbukti nilai koefisien korelasi (r) hasil yang didapat adalah sebasar 0,748. Nilai r tersebut dapat diinterpretasikan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara dua variabel. Untuk itu pelayanan Gerai SPM di Mall Blok M Square selalu berusaha untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani konsumen, karena konsumen merupakan salah satu faktor utama yang dapat mendukung keberhasilan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 12 036
Call Number: SK/42/12/036
NIM/NIDN Creators: 44208010037
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Apr 2012 15:34
Last Modified: 11 Jul 2025 08:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item