AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT. SINEMART DALAM PUBLISITAS FILM TENDANGAN DARI LANGIT DI JABODETABEK (PERIODE APRIL – SEPTEMBER 2011)

HANDAYANI, HANI (2012) AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PT. SINEMART DALAM PUBLISITAS FILM TENDANGAN DARI LANGIT DI JABODETABEK (PERIODE APRIL – SEPTEMBER 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Halaman Cover.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi perusahaan ketika produksi film terbaru akan tayang adalah bagaimana cara yang harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan informasi tentang film tersebut. PT. Sinemart Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri perfilman memanfaatkan publisitas dari media massa yaitu dengan melakukan aktivitas media relations untuk mendukung publisitas film Tendangan Dari Langit yang release pada Agustus 2011. Tugas public relations PT. Sinemart adalah menyampaikan informasi lewat media massa kepada masyarakat selaku target khalayak. Untuk itu tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui, menggambarkan dan mendeskripsikan aktivitas media relations apa saja yang dilakukan oleh public relations PT. Sinemart dalam publisitas film Tendangan Dari Langit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe deskriptif pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Narasumber pada penelitian ini adalah head of public relations PT. Sinemart, staf public relations PT. Sinemart, wartawan dari Tabloid Bintang Indonesia, Tabloid Bola, dan Tabloid Nyata, serta empat orang masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulsi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas media relations PT. Sinemart selama periode April – September 2011 yaitu press release, press screening, press conference, press reception, gala premier, press tour, dan roadshow. Terjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan para media lewat setiap aktivitas media relations yang dijalankan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas media relations yang dilakukan PT. Sinemart untuk publisitas film Tendangan Dari Langit sudah baik. Aktivitas media relations yang sudah terlaksana dengan baik diantaranya Press Release, Press Sreening, Press Conference, Gala Premier, dan Press Tour, yaitu wartawan yang datang membuat berita tentang aktivitas tersebut dan dipublis lewat media massa

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 12 038
Call Number: SK/42/12/038
NIM/NIDN Creators: 44208010022
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Apr 2012 15:32
Last Modified: 11 Jul 2025 08:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item