ROCHADI, DODY (2012) SOCIAL MEDIA DAN REPUTASI (PERAN SOCIAL MEDIA BAGI KONSULTAN PUBLIC RELATIONS MAVERICK DALAM MEMBANGUN REPUTASI LIGA PRIMER INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (226kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
Abstract
Industri Public Relations saat ini tengah merasakan sebuah periode perubahan besar-besaran di bidang informasi. Perubahan besar yang didukung oleh perkembangan internet hingga mendorong terjadinya ‘ledakan’ media baru yang disebut social media. Dikatakan ledakan karena memang kekuatan dari social media begitu dahsyatnya bahkan mampu menggerakan kekuatan publik di dunia nyata. Sebagai sebuah organisasi baru, Liga Primer Indonesia (LPI) mengusung tujuan awal mendapatkan kredibilitas dari mitra kerja maupun dari pemangku kepentingan yang lain. Kredibilitas ini sangat dibutuhkan oleh LPI terlebih karena kehadirannya dianggap sebagai sebuah kontroversi terkait adanya resistensi dari organisasi sepakbola tertua di Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Untuk membantu membangun kredibilitasnya, LPI menggunakan jasa Maverick, sebuah perusahaan konsultan komunikasi. Strategi yang dipergunakan mencakup PR tradisional didukung oleh social media (situs web, Facebook dan Twitter). Dalam rangka mengetahui peran social media bagi Maverick dalam membangun reputasi LPI, peneliti menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan melakukan analisa terhadap data yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam kepada beberapa narasumber yang menjadi subyek penelitian, serta data-data pendukung yang diambil dari beberapa dokumentasi kegiatan PR Maverick serta data-data kepustakaan. Dari hasil analisa, peneliti mengambil kesimpulan bahwa, social media membantu Maverick dalam berinteraksi serta mendistribusikan informasi yang tepat kepada khalayak sasaran. Melalui social media, LPI juga telah membuka saluran informasi dengan seluruh khalayak, bukan saja yang mendukung, namun juga yang menolak kehadirannya. Keterbukaan yang diciptakan oleh LPI serta pendistribusian informasi yang terus menerus telah mendorong terbangunnya kepercayaan dari khalayak serta citra LPI sebagai sebuah organisasi yang terbuka dan pada akhirnya mengarah pada terbentuknya reputasi organisasi yang positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 045 |
Call Number: | SK/42/12/045 |
NIM/NIDN Creators: | 44208120015 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 16:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:55 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |