STRATEGI MEDIA RELATIONS BIRO PERS, MEDIA DAN INFORMASI SEKRETARIAT PRESIDEN DALAM MEMFASILITASI KEBUTUHAN PERS KEPRESIDENAN

SANTOSO, FADJAR DJOKO (2012) STRATEGI MEDIA RELATIONS BIRO PERS, MEDIA DAN INFORMASI SEKRETARIAT PRESIDEN DALAM MEMFASILITASI KEBUTUHAN PERS KEPRESIDENAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal. Cover.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Sosok seorang Presiden sebagai pemimpin negara dan pemerintahan selalu mengundang berbagai pihak untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh Presiden dalam memimpin bangsa ini. Media massa, adalah salah satu dari sekian banyak unsur di masyarakat yang ingin mengetahuinya. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden adalah organisasi dibawah naungan Sekretariat Negara RI yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan media massa tersebut melalui para wartawannya yang tergabung dalam Pers Kepresidenan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media relations Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden dalam memfasilitasi kebutuhan Pers Kepresidenan. Analisis data dilakukan menggunakan teori strategi media relations yang dikemukakan oleh Yosal Irianta, yaitu mengelola relasi, mengembangkan strategi, dan mengembangkan jaringan. Strategi mengelola relasi, BPMI Sekretariat Presiden menjalin kemitraan dengan pemimpin redaksi dan wartawan, strategi mengembangkan strategi BPMI Sekretariat Presiden dilakukan saat pelaksanaan kunjungan kerja dan penyediaan materi pemberitaan berupa foto dan video, strategi mengembangkan jaringan BPMI Sekretariat Presiden melakukan kemitraan dengan media massa baru dan media massa asing. Sifat penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan metode penelitian studi kasus. Penelitian studi kasus digunakan untuk mengembangkan analisis mendalam dengan pokok masalah bagaimana suatu organisasi dalam menjalin komunikasi dengan pihak lain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Bagian Pers BPMI Sekretariat Presiden sebagai key informan dan tiga staf BPMI Sekretariat Presiden sebagai informan tambahan, serta tiga orang wartawan kepresidenan dari beberapa media massa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa strategi media relations yang dijalankan oleh BPMI Sekretariat Presiden sudah dilakukan sebagaimana mestinya sesuai dengan teori yang penulis gunakan meskipun masih memiliki beberapa kekurangan berupa kurangnya frekuensi pertemuan antara BPMI Sekretariat Presiden dengan para Pers Kepresidenan dan kurang maksimalnya pemanfaatan teknologi dalam melakukan komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 12 016
Call Number: SK/42/12/016
NIM/NIDN Creators: 44209110019
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Mar 2012 15:51
Last Modified: 18 Jul 2025 06:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20322

Actions (login required)

View Item View Item