HARTONO, HARTONO (2012) PEMANFAATAN E-PUBLIC RELATIONS PT SRIWIJAYA AIR (PERIODE SEPTEMBER-NOVEMBER 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (29kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet membawa manfaat yang begitu besar bagi kehidupan manusia. Public relations turut menikmati manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi ini melalui kegiatan e-public relations. PT. Sriwijaya Air adalah perusahaan yang telah memanfaatkan internet dalam kegiatan public relations. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pemanfaatan e-public relations PT. Sriwijaya Air. Penelitian ini berpedoman kepada konsep e-public relations yang dikemukakan oleh Phillips dan Young (Online Public Relations: 2009), Arronson, Spetner, dan Ames (The Public Relations Writer's Handbook: 2007), Ardianto, Komala, dan Karlinah (Komunikasi Massa: 2007). Dari berbagai konsep e-public relations yang diutarakan para penulis tersebut didapatkan kesimpulan bahwa pemanfaatan e-public relations oleh suatu organisasi dapat diuraikan berdasarkan; fungsinya, tujuannya, saluran-saluran yang digunakannya, serta kegiatan monitoring dan evaluasi yang dijalankannya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Analisa data dilakukan secara kualitatif, sedangkan teknik pemeriksaan data yang digunakan adalah teknik triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa e-public relations PT. Sriwijaya Air berfungsi untuk mempercepat proses komunikasi, meningkatkan transparansi informasi perusahaan, sebagai sarana penyedia informasi yang bisa diakses setiap saat, serta sarana untuk menjangkau publik secara langsung. Saluran e-public relations PT. Sriwijaya Air adalah website dan e-mail. Tingkat penerapan e-public relations PT. Sriwijaya Air telah berada pada tahapan transaksi. Dan yang terakhir, kegiatan monitoring dan evaluasi e-public relations PT. Sriwijaya Air belum dijalankan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 022 |
Call Number: | SK/42/12/022 |
NIM/NIDN Creators: | 44206110007 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 16 Mar 2012 15:28 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |