PEMANFAATAN E-PUBLIC RELATIONS PT SRIWIJAYA AIR (PERIODE SEPTEMBER-NOVEMBER 2011)

HARTONO, HARTONO (2012) PEMANFAATAN E-PUBLIC RELATIONS PT SRIWIJAYA AIR (PERIODE SEPTEMBER-NOVEMBER 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet membawa manfaat yang begitu besar bagi kehidupan manusia. Public relations turut menikmati manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi ini melalui kegiatan e-public relations. PT. Sriwijaya Air adalah perusahaan yang telah memanfaatkan internet dalam kegiatan public relations. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pemanfaatan e-public relations PT. Sriwijaya Air. Penelitian ini berpedoman kepada konsep e-public relations yang dikemukakan oleh Phillips dan Young (Online Public Relations: 2009), Arronson, Spetner, dan Ames (The Public Relations Writer's Handbook: 2007), Ardianto, Komala, dan Karlinah (Komunikasi Massa: 2007). Dari berbagai konsep e-public relations yang diutarakan para penulis tersebut didapatkan kesimpulan bahwa pemanfaatan e-public relations oleh suatu organisasi dapat diuraikan berdasarkan; fungsinya, tujuannya, saluran-saluran yang digunakannya, serta kegiatan monitoring dan evaluasi yang dijalankannya. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Analisa data dilakukan secara kualitatif, sedangkan teknik pemeriksaan data yang digunakan adalah teknik triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa e-public relations PT. Sriwijaya Air berfungsi untuk mempercepat proses komunikasi, meningkatkan transparansi informasi perusahaan, sebagai sarana penyedia informasi yang bisa diakses setiap saat, serta sarana untuk menjangkau publik secara langsung. Saluran e-public relations PT. Sriwijaya Air adalah website dan e-mail. Tingkat penerapan e-public relations PT. Sriwijaya Air telah berada pada tahapan transaksi. Dan yang terakhir, kegiatan monitoring dan evaluasi e-public relations PT. Sriwijaya Air belum dijalankan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 12 022
Call Number: SK/42/12/022
NIM/NIDN Creators: 44206110007
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Mar 2012 15:28
Last Modified: 18 Jul 2025 06:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20237

Actions (login required)

View Item View Item