SIHITE, SULASRIA MARIANTY (2011) ANALISIS ALIRAN INFORMASI DALAM KOMUNIKASI INTERNAL DI PT TATAJABAR SEJAHTERA CIKAMPEK (PERIODE JANUARI – JULI 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. HAL COVER-FIX.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAKSI-FIX.pdf Download (150kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
Abstract
Dalam sebuah organisasi akan selalu terjadi komunikasi, baik itu berlangsung secara baik maupun buruk, bahkan tidak menutup kemungkinan akibat komunikasi yang buruk, organisasi tersebut akan mengalami demo massa, dikarenakan rasa kecewa anggotanya terhadap manajemen. Oleh karena itu keberadaan komunikasi internal sangatlah penting. Komunikasi internal dapat mempengaruhi cara hidup anggotanya, kepada siapa berbicara, siapa yang disukai, apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mengerjakan pekerjaannya. Banyak peneliti berpendapat bahwa untuk mengaktifkan komunikasi internal dibutuhkan komunikasi interpersonal dalam menciptakan suatu organisasi yang bersinergi antar anggotanya. Pada komunikasi ini semua anggota dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dan menginterpretasikan informasi yang didapat. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi organisasi, yang mana didalamnya terdapat komunikasi internal, baik secara formal maupun informal. Yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah komunikasi formal. Dalam komunikasi ini terjadi penyebaran informasi, baik secara vertikal, horizontal dan diagonal. Komunikasi Internal yang terbaik akan lahir dari sebuah rasa empati human relation yang tinggi. Tanpa rasa empati dalam human relations, rasanya nihil komunikasi internal dapat tercipta yang ada akan selalu mengedepankan Power dan sistem otoriter. Olehkarena itu peneliti juga menggunakan teori komunikasi interpersonal sebagai bahan tambahan peneliti. Dapat dikatakan perusahaan yang mampu menjalankan komunikasi internal yang baik dapat digunakan sebagai indikasi bahwa perusahaan tersebut memiliki citra yang baik. Dalam penelitian ini, peneliti mengetahui adanya hambatan komunikasi yang muncul beserta penyebabnya dalam aliran informasi di komunikasi internal yang ada dalam suatu organisasi. Hasil dari penelitian ini didapat dari wawancara dan observasi dengan beberapa karyawan PT Tatajabar Sejahtera sebagai informannya. Dari hasil analisis yang ada, dalam arah informasi baik secara vertikal, horizontal dan diagonal terdapat hambatan-hambatan komunikasi yang muncul berkenaan dengan penyampain informasi yang ada dan penyebabpenyebabnya. Hambatan-hambatan komunikasi yang muncul ini, berakibat pada hasil kerja bawahan yang tidak maksimal serta tidak solidnya hubungan antar anggotanya. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa atasan dan organisasi kurang memperhatikan masalah komunikasi yang ada di perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 115 |
Call Number: | SK/42/11/158 |
NIM/NIDN Creators: | 44209110009 |
Uncontrolled Keywords: | Aliran Informasi, Komunikasi Internal |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 21 Oct 2011 14:44 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 03:21 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |