SARIYANTI, SARIYANTI (2011) KECENDERUNGAN ISI PEMBERITAAN MEDIA TANGSEL POS TENTANG CITRA CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DALAM PILKADA TANGERANG SELATAN (PERIODE OKTOBER 2010 -MARET 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abtrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
|
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
Abstract
Peran media massa, khususnya Tangsel Pos sebagai media lokal yang memberikan informasi kepada masyarakat kota Tangerang Selatan. Sebagai kota baru pemekaran kabupaten Tangerang, pada Pilkada yang dilaksanakan untuk kali pertama didalam hal pemberitaannya sangat terkait dengan pembentukan citra Calon Walikota dan Wakil Walikota. Latar belakang inilah yang menjadi dasar bahwa analisis isi pemberitaan media penting dilakukan karena menyangkut penilaian publik atas citra. Dimana image yang baik akan memberikan efek yang positif terhadap pemilih guna memberikan suaranya dalam pilkada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kecenderungan isi pemberitaan media tentang citra calon Walikota dan Wakil Walikota dalam Pilkada Tangerang Selatan selama periode Oktober 2010-Maret 2011. Sedangkan hasil penelitian akan dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi tim sukses calon Walikota dan Wakil Walikota mengenai pemberitaan media terhadap citra. Penelitian dilakukan dengan menjelaskan kerangka pemikiran bahwa komunikasi adalah hal utama yang dilakukan Public Relations (PR) dalam rangka menciptakan atau mempertahankan citra organisasi melalui media massa. Oleh karena itu media relations perlu dijalin dan monitoring media perlu dilakukan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis isi yakni dengan menentukan operasionalisasi kategori yang diisi oleh koder dengan 60 pemberitaan. Kategori citra yang diteliti adalah corporate identity, reputasi, dan kontak personal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tangsel Pos memberikan porsi yang sama dalam pemberitaan antara dua kubu. Citra kedua kubu Arsid-Andre dan Airin-Benyamin menunjukkan kecenderungan negatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 11 128 |
Call Number: | SK/42/11/145 |
NIM/NIDN Creators: | 44207010027 |
Uncontrolled Keywords: | Pemberitaan Media, Citra Calon Walikota Dan Wakil Walikota, Pilkada Tangerang Selatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Oct 2011 11:04 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:21 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |