KECENDERUNGAN ISI PEMBERITAAN MEDIA TANGSEL POS TENTANG CITRA CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DALAM PILKADA TANGERANG SELATAN (PERIODE OKTOBER 2010 -MARET 2011)

SARIYANTI, SARIYANTI (2011) KECENDERUNGAN ISI PEMBERITAAN MEDIA TANGSEL POS TENTANG CITRA CALON WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DALAM PILKADA TANGERANG SELATAN (PERIODE OKTOBER 2010 -MARET 2011). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abtrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)

Abstract

Peran media massa, khususnya Tangsel Pos sebagai media lokal yang memberikan informasi kepada masyarakat kota Tangerang Selatan. Sebagai kota baru pemekaran kabupaten Tangerang, pada Pilkada yang dilaksanakan untuk kali pertama didalam hal pemberitaannya sangat terkait dengan pembentukan citra Calon Walikota dan Wakil Walikota. Latar belakang inilah yang menjadi dasar bahwa analisis isi pemberitaan media penting dilakukan karena menyangkut penilaian publik atas citra. Dimana image yang baik akan memberikan efek yang positif terhadap pemilih guna memberikan suaranya dalam pilkada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kecenderungan isi pemberitaan media tentang citra calon Walikota dan Wakil Walikota dalam Pilkada Tangerang Selatan selama periode Oktober 2010-Maret 2011. Sedangkan hasil penelitian akan dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi tim sukses calon Walikota dan Wakil Walikota mengenai pemberitaan media terhadap citra. Penelitian dilakukan dengan menjelaskan kerangka pemikiran bahwa komunikasi adalah hal utama yang dilakukan Public Relations (PR) dalam rangka menciptakan atau mempertahankan citra organisasi melalui media massa. Oleh karena itu media relations perlu dijalin dan monitoring media perlu dilakukan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis isi yakni dengan menentukan operasionalisasi kategori yang diisi oleh koder dengan 60 pemberitaan. Kategori citra yang diteliti adalah corporate identity, reputasi, dan kontak personal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tangsel Pos memberikan porsi yang sama dalam pemberitaan antara dua kubu. Citra kedua kubu Arsid-Andre dan Airin-Benyamin menunjukkan kecenderungan negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 128
Call Number: SK/42/11/145
NIM/NIDN Creators: 44207010027
Uncontrolled Keywords: Pemberitaan Media, Citra Calon Walikota Dan Wakil Walikota, Pilkada Tangerang Selatan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Oct 2011 11:04
Last Modified: 17 Sep 2025 02:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19923

Actions (login required)

View Item View Item