GAMBARAN SELF ESTEEM REMAJA DARI KALANGAN TIDAK MAMPU YANG MENDAPAT KESEMPATAN UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN DI SEKOLAH TERBUKA

RUSDI, RUSDI (2011) GAMBARAN SELF ESTEEM REMAJA DARI KALANGAN TIDAK MAMPU YANG MENDAPAT KESEMPATAN UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN DI SEKOLAH TERBUKA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Saat ini keberadaan sekolah terbuka sangat diperlukan bagi remaja yang berasal dari kalangan tidak mampu, dengan adanya sekolah terbuka akan lebih memberikan kesempatan remaja untuk tetap menempuh pendidikan. Melalui sekolah terbuka pembentukan self esteem pada remaja lebih dapat meningkat, Dengan demikian mereka akan lebih menghargai dirinya sendiri sebagai individu. Self esteem adalah evaluasi diri yang dilakukan oleh setiap individu, sikap seseorang terhadap dirinya sendiri dalam rentang dimensi positif – negatif. Seseorang biasanya akan memberikan penilaian terhadap konsep diri, identitas, maupun kemampuan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self esteem remaja dari kalangan tidak mampu yang mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan di sekolah terbuka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan, yakni pendekatan kualitatif. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan alat perekam. Dari hasil analisis penelitian didapatkan bahwa self esteem yang dimiliki oleh remaja sekolah terbuka dikatakan sangat tinggi, adapun faktor-faktor yang mempengaruhi self esteem adalah hubungan dengan orang tua, hubungan dengan teman sebaya serta hubungan dengan sekolah. Karena pada kenyataannya sekolah terbuka masih memungkinkan ketiganya memiliki harga diri yang tinggi salah satunya ditunjukan oleh prestasi yang mereka miliki. Orang tua juga sebaiknya dapat senantiasa mendampingi, mengarahkan dan menanamkan prinsip bahwa setiap pengalaman yang ditemui anak adalah bagian dari proses belajar yang dijalankan anak, termasuk dalam hal pembentukan self esteem. Kata kunci: Self Esteem, Remaja

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 11 027
Call Number: SP/61/11/008
NIM/NIDN Creators: 46107010009
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Adolescent
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.5 Psychology of Young People Twelve to Twenty/Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Apr 2011 09:15
Last Modified: 15 May 2024 08:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item